reason-of-bad-breathAlfian Mujani

[email protected]

Mulut Anda bau? Pasti Anda kurang percaya diri karena bisa memberi kesan buruk kepada orang lain yang diajak berinteraksi. Bau mulut atau halitosis memang sangat mengganggu, meski tidak mematikan. Tapi jangan cemas, toh ada beberapa cara yang relatif sederhana dan mudah untuk menanggulangi bau mulut.

Peneliti di Ohio State University mengatakan bila bau mulut muncul karena mengonsumsi makanan berbau tajam seperti bawang putih misalnya maka daun mint, apel atau selada segar bisa jadi solusi. Alasannya karena eksperimen mereka yang telah dipublikasi di Journal of Food Science menunjukkan senyawa volatil pembuat bau mulut dapat berkurang dengan mengunyah tiga hal tersebut.

“Bawang adalah makanan yang rasanya sangat kita inginkan, hanya saja sisi buruknya bau yang ditimbulkan bisa tertinggal di mulut hingga 24 jam. Jadi kami berusaha mencari cara bagaimana Anda menggunakan makanan lainnya untuk menghilangkan bau,” kata salah satu peneliti Sheryl Barringer seperti dikutip dari Journal of Food Science, Senin (3/10/2016).

Dalam studi partisipan diminta untuk mengunyah tiga gram bawang putih selama 25 detik lalu diukur kandungan gas yang ada dalam hembusan nafasnya dengan alat mass spectrometry. Setelah itu partisipan dibagi ada yang mengunyah mint, apel, daun selada, atau minum air saja sebagai kontrol.

Hasilnya mengunyah apel dan daun selada terbukti dapat mengurangi konsentrasi senyawa volatil bau mulut hingga 50 persen dalam 30 menit pertama setelah partisipan mengonsumsi bawang. Sementara itu daun mint dilaporkan hasilnya jauh lebih baik lagi.

Mengapa hal ini bisa terjadi dijelaskan oleh Sheryl karena apel, selada, dan mint memiliki senyawa phenol dan enzim yang dapat menetralisir senyawa volatil bau mulut. Semakin segar bahannya maka semakin kuat efek melawan bau yang dimiliki. (detik health)