“Orang bilang menstruasi sakit itu sih udah biasa tapi sebetulnya enggak. Jadi aku suka suarain ke teman-teman ayo jujur sama dokter jangan nunda-nunda,” kata Agni. “Aku orangnya takutan. Dulu pernah kena kista terus aku merasa itu tuh cuma karena aku lalai enggak papsmear,” lanjutnya.

Terkait dengan bulan kesadaran kanker payudara yang jatuh tiap Oktober, Agni berkomentar bahwa sebetulnya orang-orang sedikit banyak sudah tahu tentang kanker payudara. Hanya saja mereka menutup mata tidak ingin terlalu memerhatikannya karena takut.

BACA JUGA :  Penurun Tekanan Darah Tinggi dengan 5 Makanan Alami Bernutrisi Ini!

Disarankan agar setiap wanita usia 25 tahun ke atas untuk memeriksakan diri dua atau tiga tahun sekali. Sementara itu untuk wanita usia 40 tahun ke atas karena risikonya semakin besar maka disarankan periksa setahun sekali.

Selain itu disarankan juga pada semua wanita untuk melakukan gerakan periksa payudara sendiri (SADARI). Dengan cara tersebut setidaknya bila ada perubahan mencurigakan seperti misalnya muncul benjolan dapat segera diketahui.

BACA JUGA :  5 Makanan Bikin Cepat Pulih dari DBD, Simak Ini!

“Sebenarnya ini merupakan sesuatu yang orang banyak sudah tahu tapi memilih enggak tahu karena takut. Aku selalu bilang ke teman-teman kalau aku rutin setiap ulang tahun pasti check up,” kata Agni.

(detikhealth)

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================