o-sleep-facebookAlfian Mujani

[email protected]

Meski tidur adalah sebuah kebutuhan, namun bagi beberapa orang aktivitas tersebut dapat menjadi hal yang sulit dilakukan tidak cukup sekedar memejamkan mata saja. Berbagai hal dapat jadi penyebab mengapa seseorang bisa sulit terpejam di malam hari.

Professor David Hillman dari Sleep Health Foundation, Australia, mengatakan salah satu penyebab umum adalah kecemasan karena banyak pikiran. Stres yang menumpuk tidak hanya membuat seseorang sulit untuk terlelap, tapi juga akan sering membuatnya terbangun sehingga merusak kualitas tidur secara keseluruhan.

Baca Juga :  Dear Bunda, Waspada Ini Bahaya yang Bisa Terjadi Saat Anak Sering Ngupil. Simak Yuk Cara Mengatasinya

Untuk mengatasinya Prof David menyarankan agar setiap sore siapkan waktu introspeksi sebelum tidur. Tuliskan dalam secarik kertas apa saja yang membuat cemas hari ini dan bagaimana cara mengatasinya besok.

“Banyak orang baru memikirkan hal-hal saat akan tidur, itu adalah waktu yang salah. Disarankan agar lakukan proses berpikir sebelum masuk waktu tidur. Jangan biarkan ada pikiran tegang malam hari,” kata Prof David seperti dikutip dari ABC Australia, Kamis (13/10/2016). Selain itu bisa juga dengan menerapkan kegiatan rutin yang dapat membuat tenang seperti yoga atau mendengarkan musik. Karena pada intinya agar bisa cepat tidur maka seseorang perlu merasa tenang dan nyaman.

Baca Juga :  Simak Ini! 8 Makanan Pelancar Haid Alami yang Perlu Diketahui

“Hal-hal tersebut akan mengalihkan pikiran Anda sedikit demi sedikit hingga masuk mode santai. Memang tidak ada satu solusi untuk memecahkan semua masalah,” lanjut Prof David.