alfian mujani 240ADA orang yang hanya mendengarkan setengah dari suatu pembicaraan, paham seperempatnya, namun berani berbicara berkali lipat dibandingkan dengan sang pembicara asli. Berhati-hatilah dengan orang yang seperti ini.

Ada orang yang baru saja belajar agama, hanya sedikit saja yang dia pahami tapi bicaranya panjang lebar sambil ngotot meyakinkan bahwa hanya dirinya yang benar dan yang lain salah. Yang paling unik adalah bahwa ulama-ulama besar yang ilmu dan amalnya diakui hebat oleh dunia Islam disesatkannya pula oleh orang yang baru belajar ini. Hati-hatilah dengan orang seperti ini.

Semakin alim seseorang, semakin dia tahu bahwa ada yang lebih alim dari dirinya. Tak pernah ada manusia memiliki semua ilmu. Karenanya, manusia harus hidup saling mengisi, saling berhubungan dan saling membantu. Kita perlu membaca orang-orang alim pada masa lalu, begitu baiknya akhlak mereka, tak malu untuk mengatakan tak tahu pada masalah yang memang mereka tidak tahu. Hati-hatilah dengan orang yang mengaku serba tahu dan merasa paling benar, karena orang semacam ini pasti orang gila.