cu3lt7yxeaaxuerMOTEGI, TODAY-Selesai sudah perburuan gelar juara dunia MotoGP tahun ini. Dengan masih tersisa tiga seri, gelar juara dunia itu sudah disabet oleh Marc Marquez.

Marquez memastikan diri menjadi juara dunia 2016 usai memenangi balapan di Sirkuit Twin Ring Motegi, Jepang, Minggu (16/10/2016) siang WIB. Kepastian Marquez menjadi juara juga tidak lepas dari crash yang dialami oleh dua rivalnya, Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi.

Marquez mengantongi nilai 273, sudah tidak mungkin terkejar oleh Rossi (196 poin) dan Jorge Lorenzo (182 poin). Saya juga ingin mengenang nenek saya yang tahun lalu meninggal dunia pada bulan-bulan ini. Saya pikir ia pasti akan gembira,” ujar Marquez seusai balapan.

Baca Juga :  Ukraina Ancam Boikot Olimpiade 2024

Di podium, Marquez menyempatkan diri ber-selfie bersama dengan helm emasnya. Pada helm tersebut, terdapat angka 1 besar sebagai tanda bahwa ia sukses menjadi juara dunia musim ini.

Dengan hasil tersebut maka pencapaian poin Marquez dipastikan tidak bakal lagi bisa terkejar kendatipun setelah ini musim masih menyisakan tiga seri lagi.

“Ini merupakan sebuah perasaan luar biasa. Saya tidak menyangka-nyangka,” ucap Marquez seperti dilansir Crash.net.

“Ketika tadi saya melihat Rossi out, saya pun menggeber untuk meraih kemenangan. Kemudian ketika saya melihat Lorenzo juga out, saya jadi membuat kesalahan pada 4-5 tikungan. Sulit sekali berkonsentrasi,” sebutnya.

Baca Juga :  Ukraina Ancam Boikot Olimpiade 2024

Ini merupakan kemenangan pertama Marquez dalam MotoGP Jepang di Motegi. Hal itu menambah istimewa pencapaian rider Spanyol 23 tahun tersebut. Marquez kemudian mendedikasikannya kepada mendiang neneknya.

“Bisa kembali ke puncak dan menang bersama Honda di Motegi. Saya juga ingin mengenang nenek saya yang tahun lalu meninggal dunia pada bulan-bulan ini. Saya pikir ia pasti akan gembira,” ujar Marquez.

Pada balapan MotoGP Jepang tadi, pebalap Ducati, Andrea Dovizioso, tampil menempati posisi kedua. Sementara, posisi ketiga ditempati oleh pebalap Suzuki Ecstar, Maverick Vinales.

Balapan berikutnya akan digelar di Sirkuit Phillip Island, Australia, pada 23 Oktober mendatang. (Imam/net)