okeBOGOR TODAY- Banyak cara yang dilakukan warga Bogor untuk melestarikan Budaya SAUNDA. Salah satunya seperti apa yang dilakukan Surhadi Zein. Pemilik toko kerajinan Sunda “Kebun Raya Art Shop” yang terletak di Jalan Otto Iskandardinata (Otista), Suryakencana, Kota Bogor ini, memupuk rasa cinta terhadap kebudayaan Sunda dengan cara berdagang pernik khas Sunda.

“Dengan cara ini, saya berharap bisa memelihara dan menjaga kecintaan terhadap Budaya Sunda. Kalau bukan kita, siapa lagi,” ungkapnya, kepada BOGOR TODAY, kemarin.

Baca Juga :  Pacitan Jawa Timur Diguncang Gempa Bumi Magnitudo 4,4

Di sederat Jalan Raya Otista dijajakan beraneka ragam pernik Sunda, seperti kaos bros, wayang, kalung dan masih banyak lagi kerajinan lain. Sebagian besar kerajinan Sunda ini adlaah bikinan tangan sendiri alias mikro bisnis.

“Jadi motivasi saya berdagang ini tidak hanya sekedar cari untung saja. Tapi, juga melestarikan kecintaan terhadap Budaya Sunda,” tekannya.

Baca Juga :  Burhan Cuek, Banyak Warga Jadi Korban kasus Pencaplokan Tanah

Toko dimana tempatnya berdagangpun seringkali dikunjungi pejabat publik, mulai dari Ratu Maxma dari Belanda, hingga pesohor kelas Nasional. “Saya sih inginnya budaya Sunda bisa diberi ruang untuk diperkenalkan ke Dunia,” tandasnya.(Tri Sumantri Maha Putra)