kids-sleepingPENGGUNAAN  tempat duduk khusus bayi dikatakan oleh peneliti sebaiknya digunakan sesuai fungsinya. Sebab banyak kasus kematian muncul akibat posisi duduk yang tak benar atau tercekik tali pengikat sehingga bayi kesulitan bernapas.

Hal tersebut juga diperparah oleh orang tua yang terkadang meninggalkan bayinya untuk tertidur di kursi. Padahal untuk tidur, boks adalah tempat aman yang seharusnya digunakan oleh bayi seperti dikatakan oleh Dr. Erich K. Batra dari Penn State College of Medicine, Pennsylvania, Amerika Serikat.

“Pada bayi, lingkungan yang aman untuk tidur harus mencakup ABC (Alone, Back, Crib): Mereka tidur sendiri tidak bersama orang tua, posisi terlentang, dan di boks bayi tanpa ada celah,” ujar Batra seperti dikutip dari Reuters.

Menurut Komisi Keselamatan Produk Konsumen di Amerika, setidaknya ada 47 kasus kematian bayi yang terjadi di kursi mobil, kereta dorong, dan produk-produk tempat duduk bayi lainnya sepanjang tahun 2004 sampai 2008.

Baca Juga :  Simak! Ini Warna Dahak yang Harus Anda Waspadai

Batra namun mengatakan bahwa data tersebut hanya kejadian yang dilaporkan. Sekilas sepertinya kejadian jarang terjadi namun kemungkinan angka sebenarnya lebih dari itu.

31 dari 47 kematian terjadi di kursi mobil untuk bayi. Batra mengatakan umumnya para bayi tercekik karena orang tua tak menggunakan tali pengikat seperti seharusnya.

Baca Juga :  Simak! Ini Warna Dahak yang Harus Anda Waspadai

“Jika orang-orang meninggalkan bayi di kursi mobil dan mencopot tali pengikatnya karena berpikir akan membuat sang bayi tak nyaman, itu adalah bahaya yang signifikan,” kata Batra.

“Seorang anak duduk dengan tali pengikat yang benar di kursi mobil memiliki risiko bahaya yang sedikit,” pungkasnya.(dtc)