okeAlfian Mujani

[email protected] 

Kegiatan menanam pohon setiap hari yang dilakukan surat kabar harian Bogor Today melalui Gerakan Bogor Hejo, memperkuat pelaksanaan konsep green school yang diterapkan di SMP Kreativa Cimanggu, Kota Bogor dan menjadi identitas sekolah tersebut.

‘’Karena itu, kami menyambut baik gerakan menanam pohon setiap hari,’’ kata Kepala SMP Kreativa Kota Bogor Antik Farida pada acara tanam pohon bersama Bogor Hejo-Bogor Today, di Komplek Kreativa Cimanggu, Kota Bogor, Senin (17/10/2016)

Konsep sekolah Kreativa—TK, SD, SMP—memang menyatu dengan alam. Mulai dari sarana fisik, misalnya, sekolah-sekolah Kreativa membuat ruang belajar yang memungkinkan para peserta didik tetap bisa berinteraksi dengan alam terbuka. Ruang kelas tanpa dinding atau para pendidik memfasilitasi murid belajar di alam terbuka.

Salah satu ciri khas dari sekolah Kreativa adalah lingkungannya menyerupai taman. Ketika para peserta didik masuk ke lingkungan sekolah seperti mereka masuk ke sebuah taman yang hijau, indah dan sejuk. Itu sebabnya, para peserta didik di sekolah-sekolah Kreativa memiliki wawasan lingkungan yang relatif lebih baik.

Khusus di SMP Kreativa, juga terdapat green house sebagai tempat latihan para peserta didik bercocok tanam. Di tempat ini mereka belajar menyemai, menanam, dan juga memanen sayur-sayuran yang mereka tanam. ‘’Pendidikan lingkungan hidup di SMP Kreativa menjadi salah satu fokus pengajaran kami,’’ kata Antik.

Acara tanam pohon yang dilakukan di sela-sela kegiatan UAS anak-anak SMP Kreativa ini juga dihadiri para guru, staf, dan pimpinan antara lain Manajer SDM dan Umum Nunun Nurlaila, Wakil Manajemen Mutu Adora Rinanda, Manajer Humas Suci Apriani, Manajer Progrma Lingkungan Sri Puspa, Manajer Keuangan Sekolah Iyos Yostianawati, Berlianing Sari, Maulia Karlina, Oviyanti, Guru SMP Kreativa Sri Dharmayanti dan Wahono.

Kuis edukasi lingkungan yang dipandu Amalia Dian Puspitasari dan tato Marsito kali berhadiah voucher belanja dari Citrus Departmenet Store Botani Square masing-masing anak mendapatkan voucher senilai Rp 100.000. Khusus untuk anak yang bisa menjawab pertanyaan seputar peringatan hari bumi mendapatkan voucher senilai Rp 150.000.

Sementara pohon buah yang ditanam tak banyak karena lingkungan di SMP Kreativa ini masih sangat hijau dan sebagian lahan masih dalam proses pembangunan fisik. Jenisnya antara lain pohon citrus (jeruk) dari Citrus Departmen Store dan pohon buah bisbul.