15506-bill-tripp-on-creating-a-new-breed-of-sailing-yachtYacht atau kapal pesiar pribadi terbesar di dunia mulai diujicobakan melaut untuk pertama kalinya di laut Stande, dekat Kiel, Jerman Utara, Senin (17/10/2016). Kapal itu dimiliki oleh miliarder asal Rusia, Andrey Melnichenko. Ia rela merogoh Rp5,25 triliun untuk membuat dan merancang kapal ini.

Mengutip dari Daily Mail menuliskan bahwa kapal yang diberi nama Sailing Yacht A itu memiliki panjang 142,5 meter atau lebih panjang 22,5 meter dari lapangan bola. Tak hanya panjang, tingginya pun luar biasa, mencapai 100 meter  atau hanya 32 meter lebih pendek dari tinggi monumen nasional (Monas).

Kapal yang memiliki 8 tingkat geladak itu memiliki 3 tiang layar yang terbuat serat karbon. Ketiga tiang layar itu disebut sebagai bangunan bebas terkuat di dunia. Hebatnya lagi, untuk mengembangkan layar di ketiga tiang itu awak kapal cukup menggerakan jarinya karena kapal itu dilengkapi dengan sistem kontrol layar sentuh. Awak kapal juga bisa menaik turunkan jangkar melalui layar sentuh itu.

Baca Juga :  Kebakaran Hanguskan 6 Ruko di Singkawang Barat

“Seluruh bagian lambung kapal terbuat dari baja tebal dan terdapat kaca yang tahan terhadap serangan bom. Dilengkapi dengan mesin diesel hibrid, Kapal ini mampu berlayar hingga kecepatan 23 knot dengan jarak tempuh hingga 6.500 mil laut,” ungkap Andrey, kemarin.

Soal fasilitas belum ada keterangan lengkap soal kemewahan kapal dengan harga Rp 5,25 triliun ini. Yang pasti, berdasarkan foto udara, kapal ini dilengkapi dengan sebuah helipad dan kolam renang besar di bagian dek depan.

Fasilitas super mewah seperti lambung kapal yang terbuat dari kaca tebal juga terdapat di bagian bawah. Kaca tebal melengkung seluas 193 meter itu sangat unik karena dibuat tanpa sambungan dan merupakan kaca melengkung tanpa sambungan terluas di dunia. Penumpang bisa merasakan sensasi keindahan bawah laut seperti sedang berada di dalam kapal selam.

Menurut Daily Mail, kapal ini memiliki menampung 20 orang penumpang saja karena hanya memiliki 10 kabin. Entah seberapa luas kabin-kabin itu. Untuk menjalankan kapal ini diperlukan 54 kru.

Baca Juga :  2 Pelaku Ditangkap Warga usai Tepergok Hendak Bobol ATM di Stasiun KA Pemalang

Kapal ini juga dikabarkan akan menggantikan kapal pesiar super mewah Motor Yacht A miliki Melnichenko. Motor Yacht A memiliki tiga kolam spa air panas, serta ruangan kabin yang besarnya lebih luas dari apartemen mana pun di London. Di dalam kabin, terdapat perabotan terbuat dari kayu yang sebagian permukaannya ditutupi kulit serta sebuah tempat tidur yang dapat berputar.

Namun Motor Yacht A hanya mampu menampung 14 penumpang karena hanya terdapat 7 kabin di dalamnya. Sedangkan kru yang dibutuhkan untuk menjalankan kapal ini mencapai 42 orang.

Sailing Yacht A dibuat khusus untuk Melnichenko oleh perusahaan Blohm+Voss di Hamburg, Jerman. Desainer kapal pesiar, Philippe Starck, diserahkan tugas khusus untuk merancang kapal yang secara bentuk mirip kapal perang itu.

Melnichenko merupakan pengusaha Rusia yang gemar bergaya hidup mewah. Bisnisnya tersebar di berbagai bidang, mulai dari perusahaan batu bara Suek, pabrik pupuk EuroChem, pembangkit listrik, hingga perbankan. Anda tertarik menyewa? (Yuska Apitya)