PHILIP ISLAND, TODAY-Nicky Hayden meraih gelar juara MotoGP-nya yang pertama dan satu-satunya pada 2006 bersama Honda. 10 tahun berselang dia kembali ke tim yang sama sebagai pebalap pengganti.

Hayden sudah dipilih oleh Repsol Honda sebagai pebalap pengganti di MotoGP Australia, Minggu (23/10/2016) akhir pekan ini. Rider asal Amerika Serikat itu mengisi posisi yang ditinggalkan Dani Pedrosa, setelah dia mengalami kecelakaan dan cedera patah tulang di Motegi.

Kembali menunggangi Honda di ajang MotoGP memberi kesan khusus untuk Hayden. Karena bersama pabrikan asal Jepang itulah dia menjadi juara dunia untuk kali pertama – dan satu-satunya – pada 2006 silam. Uniknya, kini dia kembali jadi pebalap Honda untuk menemani Marc Marquez yang baru tiga hari lalu menjadi juara dunia.

Baca Juga :  Ukraina Ancam Boikot Olimpiade 2024

“Yang pertama, saya mendokan yang terbaik untuk Dani. Saya yakin dia akan kembali dengan lebih kuat dibanding sebelum-sebelumnya. Buat saya itu (menjadi pebalap Honda) adalah sesuatu yang gila dan butuh kerja keras, tapi itu adalah kesempatan. 10 tahun setelah memenangi gelar juara dunia, kembali ke ‘dream team’ lama saya,” ucap Hayden.

“Berakhir pekan di Phillip Island bersama pabrikan Honda, itu emosional untuk saya bahkan untuk sekadar memikirkannya. Saya berterima kasih untuk kesempatan ini dan kepercayaan yang Honda berikan pada saya,” lanjut Hayden dikutip dari Autosport.

Baca Juga :  Ukraina Ancam Boikot Olimpiade 2024

Hayden saat ini berlaga di ajang Superbike bersama Ten Kate Racing. Hayden tampil pada MotoGP Aragon sebagai pebalap pengganti Jack Miller. Pebalap asal Amerika Serikat itu dapat hasil tak memuaskan setelah cuma bisa finis di posisi 15, terpaut 40 detik dari Marquez yang jadi juara.

Hayden diyakini hanya sekali menjadi pengganti di Repsol Honda. Dia tidak akan bisa tampil di MotoGP Malaysia karena waktunya berbarengan dengan digelarnya seri Superbike Qatar. (Imam/net)