6KITA mesti menyadari bahwa belakangan ini makin banyak merek dan varian minuman yang ditawarkan kepada masyarakat. Ada macam-macam rasa dan model penampilan minuman itu dikemas. Yang pasti, seperti layaknya sebuah minuman, sudah pasti berguna untuk menghilangkan rasa dahaga, rasa haus, dan pelega tenggorokan. Namun perhatikan dengan cermat, ada kalanya kita perlu jeli terhadap minuman itu. Yaaa…  karena banyak pilihan.

Perhatikan lebih jelas, adakah manfaat lain dari sekedar minum? Ini yang harusnya menjadikan perhatian kita semua, karena sebenarnya ada minuman yang memang diproduksi untuk proses penyehatan tubuh manusia. Meski bukan obat. Bukan jamu. Dan, bukan resep kesehatan. Namun, benar-benar minuman alamiah, ilmiah, dan Illahiyah yang mampu memproses kondisi sempurna kesehatan tubuh kita. Menjadi sehat itu jauh lebih penting.

Adalah PalaBoo®+madu. Ini merupakan minuman relaksasi yang pertama di dunia diproduksi melalui formulasi inovasi teknologi pangan penyehat tubuh dengan bahan baku pala (myristica fragrans houtt, Bhs. Latin-nya). Selama ini pala bisa diolah menjadi wajit pala, manisan pala, kue pala, sirop pala, jus pala, dan ada juga minuman pala. Para produsen kuliner itu mengolah pala hanya pada bagian daging buahnya saja untuk produknya. Karena fuli-nya buat bumbu.

Baca Juga :  Ternyata Begini Cara Membuat Ikan Bakar Kecap, Resep Sederhana Tapi Ngeunah  

Pola produksi PalaBoo®+madu sangat berbeda dengan produk minuman berbahan baku pala lainnya, yang biasanya memakai daging buahnya saja itu. Yakni, juga mengolah biji buah palanya. Ini sebabnya didapatkan proses optimalisasi dan maksimalisasi khasiat atau manfaat pala dalam minuman relaksasi PalaBoo®+madu ini. Ini sebabnya, sejak beberapa tahun belakangan ini menjadi perhatian para petinggi Institut Pertanian Bogor (IPB).

Khasiatnya memang dasyat dalam membantu melancarkan metabolisme darah. Apalagi betapa pentingnya kondisi darah dalam tubuh kita. Darah itu sudah ibarat nyawa dalam tubuh kita, sehingga sangat penting untuk dirawat dan disehatkan. Sebab kesehatan darah itu merupakan indikasi kondisi sehatnya tubuh manusia. Yang lelah menjadi ngantuk, lalu istirahatnya berkualitas. Yang segar semakin bugar, sehingga mampu bekerja lebih optimal.

Karena metabolisme darah semakin lancar, maka mampu meringankan beban nyeri-nyeri kaki saat manusia usia tua 40 tahun ke atas, kulit kian halus dan kencang buat wanita, pria makin perkasa, menghilangkan pegal-pegal di badan, hingga mempercepat recovery tubuh usai olahraga atau bekerja. Bgitu diminum, seketika mengatasi bau mulut (terutama perokok), juga sekian detik menjadikan sendawa buat yang masuk angin.

Yang menarik, temuan inovasi teknologi pangan penyehat tubuh yang mampu membantu kelancaran metabolisme darah ini sebenarnya pada teknologi ramuannya. Bukan hanya rasa-rasa. Tidak hanya mengolah daging buah belaka, namun juga mengolah biji buah pala. Itu sebabnya, bermunculan khasiat sempurna dari buah pala. Jika teknologi ini diterapkan di seluruh potensi buah pala di Bogor, bakal mampu menghasilkan omzet sekitar Rp 1,2 triliun per-tahun.

Baca Juga :  Pasca Kebakaran Hutan, Pemerintah Chili Meningkatkan Status Siaga  

Sudah diuji Laboratorium Pangan IPB, lalu dibina Inkubasi Bisnis IPB (incuBie IPB). Oleh IPB pun PalaBoo®+madu diusulkan menjadi binaan TBIC (Technology Business Incubatore Centre)-Puspiptek, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), di Serpong, Tangerang Selatan. Atas undangan Kemenristekdikti pula, PalaBoo®+madu ikut serta dalam Pameran Teknologi Nasional di Manahan, Solo, 9-13 Agustus 2016 lalu. Pameran itu diselenggarakan dalam rangka peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas).

Lokasi rumah produksi di Kompleks IPB Dramaga pun pernah dikunjungi banyak tamu asing dari Philipina (para guru besar universitas), Singapura, Malaysia, Australia, Dubai, hingga Mexico. Juga telah menjadi minuman ‘’welcome drink’’ bagi tamu-tamu kehormatan di Balaikota Bogor. Kini, tengah mengembangkan pasar di dalam negeri. Yang berminat bisa menghubungi Direktur Marketing/Owner Wiwik P. Novantadi, nomor telepon dan WA: +62 813. 8243.1108. (heru)