JAKARTA, TODAY—Duet Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) genap 2 tahun. Berbagai capaian telah dihasilkan mulai dari pembangunan infrastruktur hingga deregulasi di berbagai sektor.

Menurut Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP) Real Estat Indonesia (REI), Eddy Hussy, sepanjang pemerintahan Jokowi-JK selama 2 tahun terakhir, banyak perubahan positif pada sektor properti. Salah satunya yakni dalam hal kemudahan perizinan.

Baca Juga :  AS Mengalami Kerugian Mencapai 5,4 Miliar Dolar, Terkait Pinjaman Bantuan COVID-19

Namun demikian, meski pemerintah sudah menderegulasi perizinan di tingkat pusat, kerja cepat dan upaya pemangkasan birokrasi tersebut belum menular ke daerah-daerah.

“Sebenarnya sudah banyak yang berubah lebih baik, terutama perizinan. Kita akui bagi pengusaha lebih mudah. Implementasinya juga sudah bagus. Tapi di pusat saja, di daerah-daerah belum, pengusaha masih sulit. Artinya belum ke bawah-bawah,” kata Eddy.

Baca Juga :  Bank Pembiayaan AS, Mulai Mengurangi Kredit Kendaraan

“Satu dua tahun belakangan ini sektor properti setidaknya lebih baik dari 4 tahun lalu. Bahkan, masih bisa bertahan tumbuh meski ada pelemahan ekonomi global Ada beberapa perbaikan yang dilakukan pemerintah, meski memang properti belum cukup baik,” tambahnya.