JAKARTA, TODAY—Duet Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) genap 2 tahun. Berbagai capaian telah dihasilkan mulai dari pembangunan infrastruktur hingga deregulasi di berbagai sektor.

Menurut Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP) Real Estat Indonesia (REI), Eddy Hussy, sepanjang pemerintahan Jokowi-JK selama 2 tahun terakhir, banyak perubahan positif pada sektor properti. Salah satunya yakni dalam hal kemudahan perizinan.

BACA JUGA :  Pencok Kentang Betawi, Makanan Renyah yang Gurih Bikin Nagih

Namun demikian, meski pemerintah sudah menderegulasi perizinan di tingkat pusat, kerja cepat dan upaya pemangkasan birokrasi tersebut belum menular ke daerah-daerah.

“Sebenarnya sudah banyak yang berubah lebih baik, terutama perizinan. Kita akui bagi pengusaha lebih mudah. Implementasinya juga sudah bagus. Tapi di pusat saja, di daerah-daerah belum, pengusaha masih sulit. Artinya belum ke bawah-bawah,” kata Eddy.

BACA JUGA :  Bekal Sekolah dengan Sosis Dadar Nori yang Simple dan Sederhana

“Satu dua tahun belakangan ini sektor properti setidaknya lebih baik dari 4 tahun lalu. Bahkan, masih bisa bertahan tumbuh meski ada pelemahan ekonomi global Ada beberapa perbaikan yang dilakukan pemerintah, meski memang properti belum cukup baik,” tambahnya.

============================================================
============================================================
============================================================