arsiparisBOGOR TODAY- Untuk meningkatkan kesadaran Sumber Daya Manusia (SDM) tentang tertib administrasi kearsipan  di seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan sekolah se kota Bogor, Kantor Arsip dan Perpustakaan (KAPD) Kota Bogor melakukan pembinaan administrasi dan pengembangan kearsipan. Pembinaan dilakukan terhadap pengelolaan arsip agar terdapat penyempurnaan kearsipan yang terukur.

Silvia, Arsiparis KAPD menjelaskan, kegiatan  pembinaan tertib administrasi arsip bagi pengelolaan kearsipan penting dilakukan agar setiap pengelola arsip memiliki record control. Setiap pengelola di semua lembaga, kantor dan sekolah harus mempunyai tempat menyimpan arsip yang terarah dan tertata. Seluruh dokumen yang mulai dari arsip IMB, produk –produk MoU hingga dokumentasi lainnya harus benar penempatannya.

Baca Juga :  Tingkatkan Kapasitas, ORARI Lokal Kabupaten Bogor Siap Dukung Percepatan Pembangunan Daerah

“Pembinaan terhadap pengelolaan kearsipan OPD atau sekolah tergantung banyaknya dokumen yang perlu diarsip. Seperti Badan memerlukan waktu  empat hari untuk pembinaan kearsipan. Kantor dan kecamatan dua hari, juga sekolah mulai Sekolah Dasar sampai Sekolah Menengah Atas,” papar Silvia, Selasa (25/10/2016).

Baca Juga :  Kabupaten Bogor Jadi Habitat Sepasang Elang Jawa Jelita dan Parama

Untuk itu, lanjut Silvia, seluruh pegawai pengelolaan dan pengembangan  kearsipan yang ada di KAPD Kota Bogor bergerak  untuk melakukan pembinaan. “Dokumen yang masa waktu selesai atau kegiatan tuntas bisa menyimpan arsip di kantor kami,” tambah Silvia. (Yuska Apitya/*)