alfian mujani 240SEBAGIAN kisah sejarah kehidupan manusia adalah hadiah zaman untuk kita. Kisah seperti itu menjadi insapirasi bagi kita, menjadi pegangan yang menjadikan hidup kita lebih indah, mudah, dan terarah. Sebagian kisah yang lain adalah peringatan dari zaman, kisah yang tak elok untuk ditiru dan tak layak untuk diikuti, kisah yang menggoda tapi meracuni, kisah yang merangsang namun mencelakakan dan menyesatkan.

Berhati-hatilah membaca kisah, bertelitilah dalam memilih kisah, karena menurut banyak orang bijak “Anda adalah apa yang Anda baca.” Bacaan kita sungguh memiliki pengaruh besar atas jalannya kehidupan kita. Bacaan tak mesti berupa buku. Situs internet yang kita baca, media sosial yang rajin kita ikuti, serta segala apa yang kita dengar adalah masuk dalam katagori bacaan kita.

Mari kita tata kembali bacaan kita. Kisah terindah adalah kisah tentang para nabi dan rasul, kisah para sahabat nabi dan para ulama, serta kisah orang salih yang semuanya penuh hikmah dan nilai. Kisah nyata saat ini yang terbaik adalah pergaulan kita dengan orang-orang baik yang kehadirannya adalah memandu dan menuntun menuju kebaikan. Lebih dari itu, jadikan diri kita bagian dari kisah terbaik untuk orang lain.