sembako

JAKARTA, TODAY—Kenaikan harga bahan pangan biasa terjadi menjelang Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2016. Namun, pemerintah menjamin bisa mengendalikan kenaikan harga tersebut.

“Kenapa setiap hari raya harga naik, harga sayur harga barang tertentu, karena tiba-tiba semua orang ingin makan daging, makan ayam, otomatis yang begitu tiba-tiba dia naik harga,” kata Wakil Presiden Jusuf Kalla alias JK di kantor Wapres, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Utara, Jumat (23/12/2016).

Menurut JK, anggap saja kenaikan harga ini jadi hadiah tahun baru buat para pedagang. Pada hari biasa kadang para pedagang ini hanya mendapat untung kecil.

“Kalau semua orang dapat hadiah tahun baru, ya pedagang sayur, pedagang ayam dapat hadiah tahun baru lah, ya itu pemerataan juga sebenarnya. Dari itu sementara biasanya setelah itu turun,” kata JK.

BACA JUGA :  Penemuan Mayat Lansia Terlungkap Gegerkan Warga Kota Padang

“Masalah ini selalu seperti itu sama seperti saat Lebaran kenapa daging naik, kenapa ayam naik, karena tiba-tiba orang makan opor banyak dalam satu hari. Nah Natal juga begitu, apalagi Liburan banyak, mungkin orang tidak kerja jadi itu sebabnya. Tapi, nanti akan turun kan,” ujarnya.

Sementara, Kementerian Perdagangan (Kemendag) menjamin harga dan ketersediaan bahan pokok tetap stabil jelang pergantian tahun 2016. Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita, mengatakan pihaknya telah menugaskan para Pejabat Eselon I Kemendag turun Iangsung ke beberapa daerah memantau perkembangan harga, kondisi distribusi, dan ketersediaan pasokan barang kebutuhan pokok.

“Hasil pantauan menunjukkan perkembangan harga barang kebutuhan pokok menjelang tahun baru di daerah umumnya relatif stabil. Ketersediaan pasokan di distributor cukup dan aman serta kondisi distribusi di pelabuhan berjalan lancar,” ujar Enggar dalam jumpa pers di kantornya, Jakarta, Jumat (23/12/2016).

BACA JUGA :  Manfaat Jus Jambu untuk Kesehatan, Bisa Turunkan BB Juga? Simak Ini

Sejumlah kebutuhan pokok seperti beras, gula, bawang merah, cabai, daging sapi, daging ayam, dan minyak goreng menjadi perhatian.

Di Bogor, harga bahan pangan seperti cabai merah keriting, cabai merah besar, dan bawang merah, per 22 Desember 2016 terpantau turun dibandingkan minggu lalu. Namun, di beberapa daerah, masih ada kenaikan bahan pokok seperti daging ayam ras, dan telur ayam ras. Berikut daftar harga-harga bahan pokok di berbagai daerah per tanggal 22 Desember 2016, seperti diolah dari data Direktorat Jenderal Perdagangan Dalam Negeri, Kemendag.

Cabai Merah Keriting

============================================================
============================================================
============================================================