unnaamedPARUNGPANJANG TODAY – Kurangnya kesadaran masyarakat dan pengendara yang membuang sampah ke jalan, membuat kumuh ruas Jalan Provinsi Jawabarat tepatnya di Jalan Raya Mohamad Toha nomor 54, Desa Parungpanjang, Kecamatan Parungpanjang, Kabupaten Bogor. Jalan itupun nyaris mirip tempat pembuangan sampah (TPS).

Kepala Desa setepat, Saefullah yang juga ketua penguyuban kepala desa sekecamatan Parungpanjang mengatakan, minimnya tempat bak sampah membuat warga membuag sampah ke jalan.

Baca Juga :  Ribuan Pelaku Seni Bakal Padati Jalan Suryakencana Meriahkan Bogor Street Fest CGM 2023

“Seharusnya Pemerintah kabupaten Bogor membuat tempat pembuangan sampah di beberapa pinggir jalan. Jika da tempat sampah, masyarakat pun tidak akan membuang sampah di jalan,” kata Saeful.

Nyaris semua desa di parung panjang tidak memiliki bak tempat sampah. Alhasil, sampah berserakan di pinggir jalan. Tentunya ini tidak hanya kesalahan masyarakat namun kesadaraan pemerintah untuk menyediakan fasilitas tempat pembuangan sampah sementara.

Baca Juga :  PAC Pemuda Batak Bersatu Deklarasi di Kecamatan Ciampea

“Kalau dibiarkan bisa- bisa sampah menjadi gunung, dan menimbulkan bau tidak sedap juga menimbulkan penyakit. Secepatnya pemerintah harus memperhatikan permasalahan sampah di wilayah kami,” tandasnya. (Iman R Hakim)