PEMAKARAN copyBOGOR TODAY- Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor berencana akan melakukan pemekaran wilayah Kecamatan Bogor Barat dan Bogor Selatan.

Hal tersebut dibenarkan Asisten Pemerintahan dan Administrasi Kota Bogor, Hanafi , Selasa (17/1/2017).

“Kita sudah melakukan survei di tahun 2015 lalu, dan respon masyarakat juga positif mengenai rencana pemekaran ini,” jelasnya.

Menurutnya, pemekaran kedua wilayah tersebut memang perlu dilakukan sebab dua kecamatan tersebut terbilang memiliki wilayah terluas yang membawahi 16 kelurahan.

Baca Juga :  Diserang Hama Wereng, Hektaran Sawah Terancam Gagal Panen

“Kami juga telah melakukan kajian bekerjasama dengan lembaga pendidikan IPDN. Mereka menyatakan Kecamatan Bogor Barat dan Bogor Selatan dinyatakan layak untuk dimekarkan,” terangnya.

Dia mengatakan bahwa rencana pemekaran ini akan dibahas dalam Program Legislasi Daerah (Prolegda) tahun 2018.

“Pembahasan payung hukum tentang pemekaran ini bisa saja dilakukan di tahun 2017, kalau respon dari anggota dewan positif kenapa tidak dipercepat,” ungkapnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, bahwa pihaknya juga telah melakukan kajian akademis bersama unsur pemerintah pusat dan provinsi.

Baca Juga :  Kasus Campak di 24 Kelurahan Kota Bogor, Dokter RSUD: Kenaikan Kasus Akibat Anak Tak di Imunisasi

“Kita perlu melakukan kajian karena nanti akan bersangkutam dengan kode wilayah,” katanya.

Hanafi menambahkan, untuk hasil kajian sementara, ada beberapa alternatif pemekaran di dua kecamatan tersebut.

“Saat ini baru diusulkan satu kecamatan itu bisa dipecah menjadi dua kecamatan yang masing membawahi delapan kelurahan, namun masih ada beberapa alternatif lain, nanti akan dibahas lebih lanjut dengan dewan,” katanya.(Yuska)