unnamed

CIBINONG TODAY – Untuk pertamakalinya di 2017 Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bogor melakukan penyegaran di internal dunia pendidikan. Tidak tanggung – tangung 412 pejabat Disdik kena mutasi.

“Sekitar 412 kepala sekolah tingkat SDN dan SMP di Kabupaten Bogor yang terkena mutasi,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor, TB Luthfie Syam, usai melakukan sumpah jabatan di Gedung Tegar Beriman, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, Selasa (14/2/2017).

Kepala sekolah mengemban tanggung jawab yang sangat besar. Jabatan kepala sekolah memiliki persyaratan kompetensi, kepribadian, manajerial, kewirausahaan, supervisi dan social sebagaimana dimaksud dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) nomor 13 tahun 2007 tentang, standar kepala sekolah atau madrasah.

Baca Juga :  Terima Audiensi, Sekda Dukung Penuh Program Bawaslu Kabupaten Bogor Untuk Sukseskan Pemilu Serentak 2024

“Selain itu juga, harus diimbangi dengan komitmen yang sungguh – sungguh untuk mematuhi sumpah jabatan serta mengambil bagian secara aktif dalam upaya mencapai misi yang diemban Pemerintah Kabupaten Bogor dalam bidang pendidikan, yakni meningkatkan aksesibilitas dan kualitas penyelenggaraan pendidikan,” tegas mantan Kasatpol PP itu.

Sistem periodisasi, sangat berguna untuk memberikan kesempatan kepada guru agar berkompetisi. Setidaknya dalam setiap akhir periodisasi akan ada seleksi calon kepala sekolah baru yang tentunya akan memberi ruang bagi tumbuhnya suasana baru dan energy baru bagi terciptanya peningkatan mutu pendidikan.

Baca Juga :  Dukung Kegiatan Gemapatas 2023, Pemkab Bogor Lakukan Pencanangan Di Dua Lokasi

“Sistem ini harus benar – benar dipahami, agar tidak ada prasangka dalam setiap pengangkatan kepala sekolah atau penempatan kembali kepala sekolah sebagai guru. Hal ini sepenuhnya merupakan hal yang wajar dalam dinamika pelaksanaan tugas,” katanya.

Lutfi berharap agar kepala sekolah dasar yang dilantik dapat memberikan perubahan pada dunia pendidikan di Kabupaten Bogor. “Semoga penempatan dalam jabatan baru ini menjadi jalan kebaikan yang membawa berkah. Dan saya harap bisa membuat prestasi di sekolah tempatnya mengajar nanti,” tandasnya. (Iman R Hakim)