Informasi harga gabah yang anjlok sampai ke telinga Presiden Joko Widodo (Jokowi). Tiga orang menteri ekonomi, kemudian dipanggil ke Istana Kepresidenan untuk memberikan penjelasan dan mencari solusi.

Adalah Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Pertanian Amran Sulaiman dan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Darmin mengakui harga gabah memang jauh di bawah yang seharusnya. “Macam-macam ada yang Rp 2500/kg,ada yang Rp 2700/kg, ada juga yang Rp 3.000/kg. tapi kan harga gabah kering panen itu kan sebenarnya Rp 3700/kg mestinya,” ungkap Darmin usai dipanggil Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (20/1/2017).

BACA JUGA :  Menu Bekal dengan Telur Gulung Sayuran Andalan Keluarga Tercinta

Darmin menjelaskan kondisi ini dikarenakan cuaca yang buruk. Bahkan tidak sedikit petani yang kemudian mengalami gagal panen. “Waktunya pendek, hujannya banyak. Orang harus panen karena waktunya sudah panen atau bahkan ada yang terendam. Jadi intinya itu dia bahwa presiden minta supaya persoalan gabah di petani dicarikan jalan keluar supaya jangan jatuh, walaupun ini musim hujan kita tahu,” paparnya.

BACA JUGA :  Sampaikan Rekomendasi LKPJ Bupati Bogor Tahun 2023, Pj. Bupati Bogor Bersama DPRD Kabupaten Bogor Gelar Rapat Paripurna 

Sekarang, kata Darmin sudah ada gambaran solusi yang akan dijalankan pemerintah. Akan tetapi masih harus dimatangkan terlebih dahulu. “Kita dengan Menteri Keuangan dengan Menteri Pertanian sedang berhitung,” pungkasnya.(Yuska Apitya/dtk)

Halaman:
« ‹ 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================