BOGOR TODAY- Badan Penelitian dan Pengembangan Holtikultura (Balitbangtan), Kementerian Pertanian menyebarkan 30 ribu bibit tanaman cabai berteknologi. Penyerahan bibit tersebut secara simbolis diserahkan Kepala  Balitbangtan, Mochamad Syakir kepada Ketua Tim Penggerak PKK Kota Bogor Yane Ardian, Jumat (24/02/2017) di Paseban Sri Baduga, Balaikota Bogor.

Diterimanya bibit cabai ini oleh TP PKK Kota Bogor merupakan salah satu agenda pada  program Gerakan Halaman Asri Teratur, Indah dan Nyaman (Hatinya) PKK yakni Gerakan Tanam Cabai di Rumah. Sekaligus mendukung Gerakan Nasional Penenaman Cabai (Gertam Cabai) Kementerian Pertanian. “Gerakan ini untuk mewujudkan ketahanan pangan di dalam keluarga,” ujar Yane.

Baca Juga :  Perkuat Kolaborasi Dengan Pihak Swasta Untuk Ciptakan Pendidikan Berkualitas di Kabupaten Bogor

Ia menilai cabai sebagai bahan pangan yang sangat dibutuhkan masyarakat Indonesia. Namun sering kali harga cabai mengalami kenaikan drastis akibat kelangkaan saat luar musim panen. Hal tersebut menurutnya bisa dihindari jika setiap rumah menanam cabai secara swadaya untuk memenuhi kebutuhannya. Sekaligus langkah ini dapat mengubah perilaku ibu-ibu sekarang yang ingin serba instan kembali ke ketahanan pangan alami. “Ibu-ibu jadi bisa mandiri karena tidak lagi tergantung dengan harga cabai dan tentunya bisa menekan harga cabai yang tinggi,” terangnya.