JAKARTA TODAY- Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al-Saud beserta rombongannya yang berjumlah ribuan akan berkunjung ke tanah air. Tidak hanya di Jakarta, mereka juga akan mengunjungi beberapa kota di Indonesia, termasuk Bali. Kunjungan berlangsung sembilan hari terhitung dari besok sampai 9 Maret 2017.

Selama kunjungannya, Raja Arab itu turut memboyong dua kendaraan mewahnya dari Arab, yakni Mercedes-Benz S600 Guard seri Maybach. Tidak hanya satu, Salman membawa dua kendaraannya, dan sudah berada di Denpasar sejak 18 Februari 2017 lalu.

Entah disediakan atau tidak oleh Indonesia, yang jelas Salman lebih mempercayai mobilitasnya selama di tanah air bersama kendaraannya tersebut.

Dengan banyak keistimewaan yang disematkan oleh produsen asal Jerman itu ke dalam mobilnya. Salah satu yang ditonjolkan ialah kelengkapan fitur keamanan selayaknya kendaraan tempur, meski berbentuk kendaraan sipil.

Keamanan

Mercedes-Maybach S600 Guard sudah mulai dikenal sekira 2014. Sejak pertama diluncurkan mobil ini diklaim sebagai mobil penumpang pertama dengan tingkat perlindungan tertinggi. Bahkan, menjadi kendaraan pertama yang disertifikasi dengan VR10 tingkat perlindungan tertinggi balistik untuk kendaraan non militer.

Dengan begitu, Mercedes tentu mengandalkan sisi body yang terbuat dari baja dan jendela kaca yang mampu menahan peluru baja, apalagi saat ditembakan dari senapan serbu. Kaca jendela dilapisi polycarbonate dengan ketebalan yang sudah disesuaikan. Perpaduan antar semua komponen itu menjadikan penghuni memiliki ruang perlindungan efektif, tidak hanya mencakup perlindungan balistik tetapi juga terhadap bahan peledak.

Begitu juga dengan atau saat terjadinya ledakan, karena sudah memiliki setifikat ERV 2010 (Kendaraan Tahan Explosive). Serangkaian fitur teknis khusus juga memastikan bahwa mobil akan tetap bergerak selama dan setelah serangan, karena mampu keluar dari zona bahaya. Dalam hal bahan peledak, ledakan tidak hanya pada sisi-sisi kendaraan, melainkan saat ledakan terjadi di bawah kendaraan.