BOGOR TODAY- Bank Mandiri memperkenalkan 22 pelaku usaha muda potensial dan kreatif yang siap menggerakkan ekonomi nasional.

Sebanyak 22 pelaku usaha muda tersebut merupakan pemenang kompetisi Wirausaha Muda Mandiri (WMM) 2016 dengan acara puncak yang digelar di Kampus IPB Bogor, Jawa Barat, Sabtu, 11 Maret 2017.

Penyerahan penghargaan pemenang WMM 2016 dilakukan oleh Menteri Pertanian Amran Sulaiman yang mewakili Presiden Joko Widodo, Menteri Koperasi dan UMKM Republik Indonesia Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga, Menteri BUMN Rini Soemarno, dan Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo.

Para wirausahawan muda yang tampil sebagai jawara kompetisi WMM 2016 tersebut berhasil menyisihkan 88 finalis nasional yang disaring dari 5.064 pendaftar.

Mereka berhak memperoleh total hadiah uang pembinaan senilai lebih dari Rp 1 miliar, akses kepada berbagai skema pembiayaan di Mandiri Group serta program pendampingan dan pelatihan yang komprehensif guna mengoptimalisasi peluang usaha.

Menteri BUMN Rini Soemarno mengatakan esensi program WMM yang mendukung pengembangan industri kreatif sejalan dengan program Kementerian BUMN, yakni Rumah Kreatif BUMN, sehingga, perlu didukung agar dapat menciptakan lapangan kerja baru.

“Oleh karena itu, WMM dan Rumah Kreatif BUMN perlu terus disinergikan, antara lain melalui keterlibatan alumni program WMM sebagai mentor pendamping di RKB,” ujar Rini.

Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo mengemukakan pelaksanaan program WMM diharapkan mampu memberikan inspirasi bagi generasi muda dalam penciptaan lapangan kerja yang peduli dan mau berkontribusi dalam pembangunan.

“Kami gembira, dalam satu dekade pelaksanaan program ini, WMM dapat diterima dan didukung oleh seluruh pemangku kepentingan serta berhasil memberikan kontribusi yang signifikan pada upaya pemerintah untuk melipatgandakan jumlah pelaku usaha di Tanah Air,” ujar Kartika.

Sejak pertama kali digelar pada  2007, program tersebut telah di ikuti 36.000 pengusaha di seluruh Indonesia dan telah berhasil memberikan manfaat kepada lebih dari 45.000 individu. Diharapkan, para alumnus WMM juga bisa menjadi agen inspirator untuk mendukung penciptaan 1.000 digital start up dan program Rumah Kreatif BUMN.

Dalam ajang apresiasi usahawan muda ini, Bank Mandiri juga menggelar Workshop Wirausaha Mandiri yang diikuti 2.100 peserta yang terdiri mahasiswa pengusaha dan calon pengusaha serta dosen dari 18 perguruan tinggi se-Jabodetabek, wirausaha pemula binaan Kementerian Koperasi dan UKM dan  akademisi. Pada workshop tersebut, peserta dapat bertukar pikiran dengan para pembicara terkemuka dengan beberapa sesi sesuai tema.

Adapun daftar pemenang WMM 2016 sebagai berikut :

Kategori Mahasiswa Pasca Sarjana dan Alumni

Bidang usaha Industri, Perdagangan dan Jasa

Juara I Ahmed Tessario Eka Nuramanta (Sirtanio Organik Indonesia – Beras Organik Seblang) dari ITS Surabaya.

Juara II Florentina Jeanne Sutanto (Nonaku Desain Indonesia – Konveksi dan Supplier Fashion) dari Universitas Tarumanegara.

Bidang usaha Boga

Juara I Erik Mursidi Utomo (Ayam Bakar Pak D – Resto Ayam Bakar) dari Universitas Airlangga.

Juara II Melanny, SE (Aroma Cake Buah Naga) dari STT Ibnu Sina Batam.

Bidang usaha Kreatif 

Juara I Devi Raissa Rahmawati (PT Lubang Kelinci Indonesia – Buku edukasi Bayi) dari Universitas Indonesia.

Juara II Intan Sari (Intan Songket – Kain Tenun Sumatera) dari Universitas Sriwijaya.

Kategori Mahasiswa Sarjana dan Diploma

Bidang usaha Industri, Perdagangan dan Jasa

Juara I Aesta Fajar (PT Alra Makmur Cahaya Selaras – Usaha Tas Kulit dan Kanvas) dari Universitas Islam Indonesia.

============================================================
============================================================
============================================================