Retno mempertanyakan apakah pemerintah telah menyiapkan hukuman untuk Bimbel dan pihak lain yang bukan guru dan sekolah sebagai pembocor USBN.

Pendapat senada juga disampaikan oleh Presidium FSGI wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat dan Jawa Tengah, Heru Purnomo. Ia mempertanyakan keseriusan pemerintah dalam menyelesaikan persoalan pembocoran soal ini. Pasalnya, pembocor soal UN SMA jurusan IPA di Google Drive pada 2015 penyelesaian tidak jelas hingga hari ini.

Sementara itu, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengatakan, berdasarkan hasil kunjungan ke Malang, Rabu(22/3). Pelaksanaan USBN, sudah bagus. Meksi demikian, ia juga mengaku, jika masih ada kekurangan dalam hal pengawasan. Semisalnya, masih ada sebagian sekolah tidak melakukan pertukaran pengawas. USBN diawas oleh para guru di sekolah masing-masing.

BACA JUGA :  Kecelakaan Maut di Jember, 2 Motor Adu Banteng Tewaskan 2 Orang, 2 Kritis

Selanjutnya, terkait dengan dugaan Bimbel penyebar kebocoran USBN, Muhadjir mengatakan, pihaknya akan segara melakukan investigasi. Pihak manapun yang terbukti terlibat atau jadi biang pembocoran akan diproses secara hukum.

“Ini kan masih diduga. Ya kalau telah terdapat bukti -bukti kuat Bimbel yang jadi biang pembocor atau pihak manapun pasti kita proses secara hukum. Saya minta segera diusut,” kata Muhadjir.

BACA JUGA :  4 Bahan Sederhana Bisa Bikin Cemilan Enak, Ini Dia Cara Membuat Jasuke di Rumah

Ia menuturkan, USBN masih banyak kelemahan karena baru pertama kali dilaksanakan. Semua permasalahan akan diinventarisir untuk bahan penyempurnaan USBN di masa-masa yang akan datang.

Segala praktek praktek tidak terpuji semacam pembocoran harus dikikis habis sebagai bagian dari revolusi mental di sektor pendidikan. “Saya tahu hal itu tidak mudah. Tapi saya yakin kalau sudah menjadi kesepakatan dan tekad bersama semua pasti bisa,” pungkasnya.(Yuska Apitya)

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================

1 KOMENTAR