Komoditas yang memberikan andil deflasi tertinggi adalah cabai merah sebesar 0,08%, beras dan cabai rawit masing-masing 0,03%, dan diikuti ikan segar dan ayam ras 0,02% dan bawang putih 0,01%.

“Para ekonom semua menduga bahwa pada Maret akan terjadi inflasi, meskipun rendah. Inflasi naik sekitar 0,05%. Namun mereka berpikir bahwa kenaikan atau penyesuaian tarif listrik akan berpengaruh. Tapi dari data BPS, kelihatan sekali pengendalian bahan makanan bulan ini bagus sekali, sampai menimbulkan deflasi 0.66%,” kata Kepala Badan Pusat Statistik, Suharyanto di Gedung BPS, Jakarta, Senin (3/4/2017).

BACA JUGA :  Menu Bekal dengan Telur Gulung Sayuran Andalan Keluarga Tercinta

Ke depan, stabilitas harga pangan diharapkan bisa tetap dijaga agar inflasi bisa tetap terjaga di angka yang ditetapkan oleh pemerintah dalam APBN 2017.

“Ini sudah menjadi komitmen bersama bahwa tahun ini akan ada kenaikan inflasi karena ada kenaikan administered price. Tapi komitmen pemerintah untuk mengendalikan harga makanan, diharapkan bisa membuat inflasi tidak bergerak liar. Kalau musim panen raya habis, strategi itu yang betul-betul harus dijaga. Terutama menjelang bulan puasa,” pungkasnya.(Yuska/dtk)

Halaman:
« ‹ 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================