JAKARTA TODAY- Perusahaan ritel, PT Ramayana Lestari Sentosa Tbk (RALS) membidik penjualan hingga Rp3,9 triliun pada Lebaran mendatang. Target ini naik 11,4 persen dibandingkan dengan penjualan periode Lebaran tahun lalu yang mencapai Rp3,5 triliun.

Direktur Financing Accounting Ramayana Lestari Sentosa, Suryanto mengatakan target sepanjang Mei-Juli tersebut didasari oleh tren peningkatan daya beli masyarakat menjelang hari raya.

Ia menambahkan, perseroan melihat tahun ini memberikan sedikit peluang terutama dengan adanya regulasi pemerintah terhadap investasi di Indonesia serta meningkatnya harga komoditas kelapa sawit dan batu bara di awal tahun.

“Penjualan selama Mei hingga Juli ini cukup vital, karena berkontribusi sekitar 42 persen terhadap total penjualan kami sepanjang tahun,” ujar Suryanto dalam konferensi pers, Selasa (16/5).

BACA JUGA :  Wajib Coba! Semur Ayam Saus Tiram yang Lezat untuk Menu Makan Bareng Keluarga

Sebagai informasi, sepanjang tiga bulan pertama tahun ini Ramayana membukukan penurunan penjualan menjadi Rp1,482 triliun turun 0,2 persen dari Rp1,485 triliun di kuartal I tahun lalu. “Penjualan tersebut tercapai karena kondisi politik di negeri kita ini masih belum stabil untuk tiga bulan awal, dan kebanyakan daya beli masyarakat masih melemah,” ujarnya.

Penurunan penjualan tersebut salah satunya juga disumbang akibat perseroan menutup satu toko di kawasan Blok M Jakarta Selatan yang selama ini berkontribusi terhadap penjualan sebesar Rp4 miliar per bulan. Namun di bulan April, Ramayana mulai menorehkan kinerja yang positif. Untuk produk fesyen, Ramayana mencatat ada kenaikan penjualan sebesar 17,1 persen dibandingkan bulan Maret. Sementara untun bisnis konsinyasi dan supermarket masing-masing tercatat tumbuh 10 persen dan 1,4 persen.

BACA JUGA :  Kota Bogor Raih 2 Penghargaan Lomba Video Penanggulangan TBC dari Kemenkes

Guna mengerek penjualan selama Lebaran, perseroan pun telah membuka dua gerai toko baru di kawasan Pondok Aren dan Kota Harapan Indah Bekasi. Ramayana juga tengah merampungkan dua unit toko baru di Cikupa dan Jatinegara Jakarta Timur yang ditargetkan rampung sebelum Idul Fitri.

“Jadi ada empat toko baru yang kami buka sebelum Lebaran. Dua sudah terealisasi, dan dua lagi akan dilakukan bulan ini,” ujarnya. (Yuska Apitya)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================