NANGGUNG TODAY – Peringatan hari lanjut usia nasional (HLUN) di Kabupaten Bogor bagian barat, menjadi momen yang menggembirakan, karena, dihari itu, 400 lansia dari berbagai komunitas di enam Kecamatan berkumpul dan bersenam ria di halaman Kantor Kecamatan Nanggung.

“Kegiatan ini dalam rangka mempercepat dan mensinergikan tindakan dari upaya promotif dan preventif, hidup sehat guna meningkatkan produktifitas penduduk dan menurunkan beban pembiayaan pelayanan kesehatan akibat penyakit,” ujar Kabid Pelayanan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Bogor, dr. Agus Fauzi, Selasa (23/5/2017).

Acara yang diawali dengan senam lansia bersama dalam rangka memperingati HLUN ke-21 ini diselenggarakan oleh Jajaran Dinas Kesehatan melalui UPT Puskesmas sewilayah Jasinga yang mengusung tema, Gerakan Masyarakat Untuk Hidup Sehat, (GERMAS) serta mewujudkan lansia sehat, aktif, mandiri dan produktif.

“Salah satu dampak keberhasilan pembangunan kesehatan di indonesia, adalah terjadinya penurunan angka kematian, serta peningkatan umur harapan hidup (UUH) penduduk indonesia khususnya di Kabupaten Bogor ini,” papar Agus.

BACA JUGA :  Cegah Stunting, RSUD Leuwiliang Gandeng Pemdes Karacak Lakukan Penyuluhan

meningkatnya umur uarapan hidup dari 68,6 tahun, pada tahun 2004 menjadi 69,8 pada tahun 2010 (BPS 2005), dan menjadi 70,8 tahun, pada tahun 2015 dan diproyeksikan terus bertambah, sehingga mengakibatkan peningkatan jumlah penduduk lanjut usia secara signifikan dimasa yang akan datang.

Melalui kegiatan edukasi lansia ini kata dr. Agus Fauzi pihaknya terus memberi semangat kepada mereka agar tetap aktif dan produktif di usia senja agar tetap bisa berkarya dan bermanfaat bagi lingkungan masyarakat,”katanya.

Sementara itu, Ketua Panitia HLUN Puskesmas sewilayah Jasinga, dr. Baringin Manik mengatakan, berharap semoga dengan adanya gebyar lansia ini bisa memotivasi para orang tua lanjut usia untuk bisa selalu hidup sehat, sehingga terhindar dari berbagai penyakit tidak menular yang semakin mengancam.

BACA JUGA :  Pemerintah Kota Bogor Targetkan Raih Predikat Utama KLA 2024

“Dengan demikian, kami mengharapkan agar para orang tua usia lanjut yang ada di Kabupaten Bogor khususnya di Puskesmas wilayah 5 Bogor bagian barat ini mendapat perhatian khusus dari pihak-pihak pemangku jabatan yang ada di lingkungan Pemkab Bogor,” jelas Baringin.

“Peringatan HLUN 2017 yang jatuh pada tanggal 29 Mei nanti mengambil tema: Giatkan Germas, Wujudkan Lansia Sehat, Aktif, Mandiri dan Produktif. Bersama membangun kepedulian terhadap Lanjut Usia,” tambahnya.

Menurut nya, penyebab kematian nomor satu adalah penyakit Stroke, maka dari itu gebyar Lansia yang digagas Puskesmas Sewilayah Jasinga ini diharapkan nantinya, menjadi pelayanan yang berkelanjutan dari semua institusi baik Puskesmas maupun Rumah Sakit dapat menjamin upaya peningkatan status kesehatan lansia menuju lansia yang sehat, mandiri, aktif dan produktif dikabupaten Bogor,” pungkasnya. (Agus / Iman R Hakim)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================