Untuk mewujudkan Situ Front City sebagai water sensitive city, diperlukan dukungan kebijakan mengingat lokasi ini, merupakan salah satu daerah yang mempunyai nilai lahan tinggi, rentan terhadap tekanan pembangunan serta keterbatasan pendanaan Pemerintah. Lebih lanjut lagi, diperlukan penilaian terhadap indicator manfaat baik sisi lingkungan maupaun sosial sebagai tolok ukur pencapaian. “Kami berterima kasih atas masukan ide baru seperti taman hujan, menara observasi ekologis, jembatan penyebarangan fauna, maupun green controller,” tambahnya.

Kajian biodiversitas merupakan hal baru yang sangat menarik. Diharapkan, kajian tersebut dipertajam meliputi observasi lebih lanjut terhadap flora dan fauna yang terdapat di Cibinong, terutama keanakaragaman ekologi perairan, dibutuhkan strategi yang dapat diimplementasikan untuk kegiatan memperkaya dan mengkonservasi hal tersebut.

BACA JUGA :  Hidangan Segar dan Creamy dengan Selada Udang dan Nanas ala Restoran Chinese Food

“Pengembangan kawasan ini membutuhkan strategi dan model untuk mendorong perubahan paradigma masyarakat, terutama berkaitan dengan sikap dan perilaku masyarakat terhadap lingkungan,” ungkap wanita yang akrab disapa Yanti itu.

Situ Front City sebagai konsep desain, aspek tertentu perlu penajaman. Penajaman tersebut dapat dilakuakn dengan berbagai pendekatan, termasuk salah satunya dengan konsep water sensitive city.

BACA JUGA :  DPRD Kota Bogor Evaluasi Pelaksanaan Perda Tibum dan Disabilitas

Berkaitan dengan hal tersebut, pengendalian keseimbangan muka air danau menjadi perlu diperhatikan cukup serius, karena satu sisi jika air berlebih dapat menimbulkan banjir sedangkan jika musim kering akan memberikan dampak signifikan. Kajian dan penelitian terhadap siklus tata air dan volume air sangat dibutuhkan untuk menghasilkan solusi yang komprehensif. (Iman R Hakim)

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================