JAKARTA TODAY- PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR) mengklaim, penghitungan tarif dari perubahan sistem transaksi dari terbuka dan tertutup menjadi hanya terbuka pada ruas Tol Jakarta-Bogor-Ciawi (Jagorawi) tidak akan merugikan perusahaan.

“Pendapatan tidak akan turun karena itu. Tarif baru sudah memperhitungkan hak kami untuk menaikkan tarif,” ucap Direktur Utama Jasa Marga, Desi Arryani, Selasa (5/9).

Pada 8 September nanti, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini akan meniadakan transaksi tol di Gerbang Tol (GT) Cimanggis Utama dan GT Cibubur Utama. Dengan demikian, tarif akan disamaratakan dari ruas Cawang hingga Ciawi atau Bogor.

BACA JUGA :  Resep Membuat Sambal Ikan Sepat Cabe Hijau yang Mantul

“Jadi yang sebelumnya berlaku untuk beberapa tarif, sekarang satu. Untuk jarak jauh turun Rp2.500 tapi untuk tarif dekat agak naik sedikit. Ini konsekuensi,” sambung Desi.

Lebih rinci, untuk perjalanan dari Cawang hingga Ciawi atau Bogor untuk golongan 1 sebesar Rp6.500, golongan II sebesar Rp9.500, golongan III Rp13 ribu, golongan IV Rp16 ribu, dan golongan V sebesar Rp19.500.

Desi menjelaskan, hal ini dilakukan karena GT Cibubur Utama dan Cimanggis Utama seringkali menjadi sumber kemacetan. Pasalnya, kedua GT itu berada di pertengahan menuju ke Bogor.

BACA JUGA :  Dijamin Tidur Nyenyak dengan 6 Kebiasaan Malam Hari Ini

“Jadi kalau ke Bogor tidak perlu berhenti di tengah-tengah,” ujar dia.

Aturan ini, lanjut Desi, tercantum dalam Surat Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) 692/KPTS/M/2017 tanggal 31 Agustus 2017.

Dalam penggunannya, ia berharap masyarakat dapat menggunakan uang elektronik atau non tunai. Sejauh ini, beberapa fasilitas uang elektronik yang dapat digunakan, yakni e-Toll dan e-Money oleh Bank Mandiri, Brizzi oleh Bank Rakyat Indonesia (BRI), TapCash oleh Bank Negara Indonesia (BNI), dan Blink (BTN) di seluruh gerbang tol. (Yuska Apitya)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================