JAKARTA TODAY- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bakal mendatangi kantor pusat Partai Demokrat dan NasDem. Kehadiran tim pencegahan lembaga antirasuah itu untuk berdiskusi tentang mewujudkan politik berintegritas.

Wakil Ketua KPK Saut Situmorang mengatakan, pimpinan yang akan mendampingi tim pencegahan menyambangi partai besutan Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY dan Surya Paloh itu.

“Rencana Bunda Basaria Panjaitan yang hadir. Saya akan keluar kota,” kata Saut saat dikonfirmasi, Rabu (13/9).

BACA JUGA :  Kebakaran di Sumedep Hanguskan Gudang Pabrik Mebel

Sementara itu, juru bicara KPK Febri Diansyah mengatakan, pihaknya pada tahun lalu sudah selesai melakukan kajian untuk pencegahan korupsi dan penguatan partai.

Menurut Febri, ada dua hal yang difokuskan, yakni peningkatan pendanaan politik dan pembangunan integritas parpol. Kajian yang dilakukan bersama Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) itu sudah diserahkan ke seluruh partai.

“Untuk pembangunan integritas parpol kita melakukan kajian bersama dengan beberapa profesor di LIPI juga. Hasilnya saat ini dibawa ke seluruh parpol,” kata Febri.

BACA JUGA :  PAN PKS Bangun Koalisi di Pilkada Kota Bogor 2024, Atang Trisnanto Siap Disandingkan Dedie Rachim

Febri menyebut, sebelum kedatangan ke Demokrat dan NasDem, pihaknya sudah mendatangi pengurus pusat partai lainnya, yakni PDIP, Gerindra, PKB dan Hanura. Dia mengungkapkan ada komitmen memperkuat dan membenahi dari dalam.

“Karena itulah, agar aspek integritas Parpol ini bisa diwujudkan, perlu komitmen dan keterbukaan dari para pimpinan partai politik,” tutur jubir KPK.(Yuska Apitya)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================