Secara signifikan, Kelly menggarisbawahi bahwa Pyongyang “sedang mengembangkan pembawa nuklir lintas atmosfer yang cukup baik.” Untuk bisa menghantam sasaran, rudal balistik mesti terbang keluar dan kembali memasuki atmosfer bumi dalam keadaan utuh.

Komentar Kelly mengindikasikan bahwa AS meyakini Korea Utara nyaris mencapai sebuah pencapaian besar dalam program rudalnya. Pejabat Korea Utara yang diwawancara CNN mengatakan bahwak dua langkah tambahan saat ini dibutuhkan untuk mencapai tujuan membangun ICBM yang bisa diandalkan.

BACA JUGA :  Pedagang Gorengan di Ciampea Bogor Ditemukan Tewas Gantung Diri

Tahap pertama adalah detonasi nuklir di atas tanah, seperti dalam bom hidrogen yang sempat disebutkan Menteri Luar Negeri Ri Yong-ho saat mengancam AS di Perserikatan Bangsa-Bangsa pada bulan lalu.

Dia menyebut Kim Jong-un mempertimbangkan untuk meledakkan “bom hidrogen dengan skala terbesar” di Pasifik setelah Trump mengancam untuk menghancurkan Korut.

BACA JUGA :  Pemkab Bogor Bersama USAID Optimalkan Peran Kader Desa Cegah Penularan Tuberkulosis

Sementara tahap lainnya adalah “uji coba ICBM jarak jauh yang bisa mencapai Guam–dan lebih jauh lagi,” kata pejabat tersebut.(Yuska/CNN)

Halaman:
« ‹ 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================