“Diharapkan melalui strategi didalam efisiensi distribusi tailing ini dapat memperpanjang umur tailing dam juga memiliki nilai tambah dan manfaat terhadap ekonomi masyarakat sekitar,” imbuhnya.

Sementara itu, Direktur Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah dan Bahan Beracun Berbahaya (B3) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, yang disampaikan Sinta Saptarina Soemiarno, mengharapkan kepada para peserta dapat mengikuti acara ini sebaik-baiknya, menyerap ilmu dan informasi tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan pemanfaatan limbah B3 tailing menjadi material konstruksi yang aman dan ramah lingkungan.

BACA JUGA :  Bejat, Ayah di Buleleng Perkosa Putri Kandung Berusia 7 Tahun

“Tentunya, dapat mengimplementasikan kegiatan serupa di perusahaan masing-masing. Sehingga permasalahan limbah B3 tailing dapat teratasi dan memberikan nilai tambah terhadap perusahaan serta masyarakat lingkar tambang,” pinta Sinta.

Direktur Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah dan B3 Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan juga memberikan apresiasi kepada PT. ANTAM UBPE  Pongkor yang telah melakukan pemanfaatan limbah B3 tailing sebagai bentuk nyata upaya penerapan Reduce, Reuse, Recycle (R3) serta kebermanfaatan produk-produk yang dihasilkan bagi para stakeholder.

BACA JUGA :  Penemuan Mayat Tersangkut Tumpukan Kayu di Sungai Dalu Dalu Batubara

Di tempat yang sama, Anggota DPR RI Komisi VII Dapil Jabar, Nawafie Saleh mengatakan, sejak beroperasinya PT ANTAM UBPE Pongkor pada 1994, kehadiran perusahaan selama ini memberikan berkah bagi masyarakat Kabupaten Bogor dengan adanya bantuan CSR perusahaan.

“Terlebih dengan adanya pemanfaatan limbah tailing B3, yang semua tenaga kerjanya adalah masyarakat disekitar pabrik GFA dengan hasil produksi berupa bahan konstruksi yang juga menjadi kebutuhan masyarakat,” singkat Nawafie Saleh. (Iman R Hakim /*)

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================