Untuk kategori Fishgator diikuti lebih dari 30 tim.  Selain Univeristas Amikom, tim lain dari Indonesia, ada dari Universitas Gajah Mada, Universitas Diponegoro, dan Universitas Brawijaya.

“Prestasi ini tentu membanggakan, apalagi bisa mengungguli peserta dari berbagai negara lain,”  ujarnya.

Yudhis Thiro Kabul Yunior  merinci,  Fishgator merupakan  platform  berbasis Internet of Thing (IOT) pada budidaya  ikan berbasis Ai dan  Sistem Manajemen Data.

“Fishgator  memiliki beberapa  Fitur utama,  yaitu  Automatic Feeder yang merupakan sistem  pemberi makan otomatis pada ikan berbasis manajemen pakan untuk mengefisiensi jumlah pakan yang keluar,” paparnya.

BACA JUGA :  Penemuan Mayat Tersangkut Tumpukan Kayu di Sungai Dalu Dalu Batubara

Fitur berikutnya adalah sistem  monitoring kualitas air berbasis IOT yg dapat dipantau menggunakan  smartphone. “Selain Fitur di atas, Fishgator juga dilengkapi teknologi sistem  sirkulasi circlebubble yang merupakan sistem sirkulasi oksigen yang berfungsi  menstabilkan kadar oksigen dalam air,” jelas Yudhis.

Menurut Yudhis  prinsip kerja Fishgator adalah dengan memantau kualitas air dan pengelolaan pakan pada kolam inkubasi yang dilengkapi dengan sistem perawatan otomatis, yang terkoneksi dengan telepon pintar (smartphone).

BACA JUGA :  Dipercaya Bisa Bikin Panjang Umur dengan 5 Gerakan Olahraga Ini

Fishgator memiliki sensor Ph, Salinity, Turbidity dan Temperature yang dilengkapi dengan sistem pengolahan citra berbasis sensor apetite fish yang terintegrasi dengan automatic feeder.

Fishgator sudah diterapkan di Situbondo dan Wonosobo. Ke depan diharapkan dapat digunakan seluruh petani ikan di Indoensaia.

Yudhis berharap, Fishgator dapat mengubah  wajah masyarakat perikanan Indonesia ke arah yang lebih baik. Harga satu unit fishgator sekitar Rp20 juta. Karena itu perlu produksi secara massal. (Net)

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================