CIGUDEG TODAY – Sebelum dilaksanakannya pemberian obat Filariasis (kaki gajah) pada bulan Oktober 2018, dengan ini Puskesmas Cigudeg melaksanakan kegiatan sosialisasi Bulan Eliminasi Kaki Gajah (Belkaga) bersama muspika dan para kepala desa di aula kantor Kecamatan Cigudeg, Rabu (3/10/2018).

Kegiatan sosialisasi Belkaga juga turut dihadiri oleh kader Posyandu dan Sekdes sekecamatan Cigudeg , Camat, Kapolsek, serta Koramil 2118 Cigudeg.

Kepala Puskesmas Cigudeg Anang Sujana mengatakan, bahwa sosialisasi tersebut dilakukan untuk menyongsong dilaksanakannya pemberian obat filariasis pada bulan oktober hingga november 2018 ini pelaksanaanya.

”Sosialisasi ini kita lakukan secara serentak karna akan dilaksanakan diseluruh Indonesia. Dan untuk Kecamatan Cigudeg ada 15 Desa dengan target jumlah sasaran 113.493 yang tersebar di 124 pos belkaga, “ujarnya.

Selain itu Anang menjelaskan, rencana kegiatan pemberian obat filariasis ini akan dilakukan dengan melibatkan seluruh kader posyandu di setiap desa, sehingga upaya ini dapat mencapai target 85 persen dalam mensukseskan program nasional belkaga ini.

BACA JUGA :  Pj Wali Kota Bogor Pimpin Apel Perdana, Ini Arahan Hery Antasari ke ASN

Untuk itu Anang menghimbau kepada seluruh kader posyandu dan para kepala desa agar ikut serta mensosialisasikan pemberian obat filariasis tersebut kepada warga masyarakatnya.

”Intinya, pemberian obat filariasis ini untuk mengantisipasi adanya penderita kaki gajah, maka kita juga mengharapkan kepada seluruh kader dan perangkat desa agar bersama-sama untuk mensosialisasikan pemberian obat filariasis ini kepada seluruh warga masyarakat,” himbau Anang

Selain itu dirinya juga mengharapkan kepada seluruh warga masyarakat untuk aktif dan menerima obat filariasis tersebut. “Kepada warga masyarakat kita harapkan agar tetap mengkonsumsi obat filariasis yang diterimanya,” pintanya.

Terpisah Camat Cigudeg Acep Sajidin mengatakan, kegiatan sosialisasi yang digelar bersama Puskesmas Cigudeg dan Muspika ini tujuannya untuk persiapan pelaksanaan program Belkaga pada bulan oktober hingga november. Agar unsur kepala desa, sekdes, serta kader posyandu ikut serta membantu mensosialisasikan kepada masyarakatnya di masing masing desa.

BACA JUGA :  Berdampak Positif Bagi Masyarakat, Pemkab Bogor Dukung Rencana Pengembangan IPB University di Dramaga dan Jonggol

“Saya harap semua pihak ikut serta mensukseskan program nasional belkaga, agar masyarakat dapat mengetahui sehingga pas pada waktunya semua masyarakat ikut dalam pemberian obat filariasis yang akan dilakukan oleh puskesmas,”katanya.

Selain itu Acep menambahkan, bahwa yang terpenting semua unsur ikut terlibat dalam mensukseskan kegiatan program nasional Belkaga tahap ke 4 ini.

“Kami harapkan semua kades dan kader posyandu di 124 pos Belkaga yang terdebar di 15 desa dapat ikut serta dalam mensosialisasikan kegiatan Belkaga,  sehingga target pemberian obat filariasis (Kaki Gajah) ini kepada masyarakat dapat tercapai,” pungkasnya. (Agus)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================