Mulyono menambahkan, dengan adanya kondisi itu maka sejumlah wilayah di Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur,Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, Papua bepotensi hujan lebat pada 17 hingga 19 Desember 2018 mendatang.

Pada periode 20 hingga 23 Desember 2018, ia mengimbau masyarakat agar kembali meningkatkan kewaspadaan terutama yang berada di wilayah Sumatera, Jawa dan Kalimantan. Diprakirakan aliran udara dingin dari Asia akan kembali masuk wilayah Indonesia dan membentuk area konvergensi serta kembali memicu peningkatan curah hujan di wilayah Indonesia bagian barat.

BACA JUGA :  Gegara Balapan Motor, Siswa SMP di Makassar Dikeroyok 5 Pria Terekam CCTV

“Wilayah yang berpotensi hujan lebat pada periode ini antara lain, Sumatera Barat, Bengkulu, Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, Bangka Belitung, Kepulauan Riau, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah,” ungkapnya

BACA JUGA :  Jadwal Tim Bulu Tangkis Indonesia di Thomas Cup dan Uber Cup 2024 Hari Ini

Potensi bencana hidrometeorologis yang berpotensi terjadi di antaranya seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor, dan angin kencang terutama untuk wilayah-wilayah yang telah mendapat hujan berintensitas tinggi dalam beberapa hari.

“Masyarakat yang beraktivitas di perairan khususnya selatan Pulau Sumatera juga agar mewaspadai potensi gelombang tinggi dan angin kencang,” tukasnya. (Net)

 

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================