BOGOR TODAY – Bulan Ramadhan kini datang lagi. Bulan yang selalu dinanti – nanti. Umat muslim di seluruh dunia akan menjalankan ibadah puasa. Puasa tidak bisa lepas dari sahur, ngabuburit, buka puasa, lapar dan haus.

Banyak dari kita yang saat puasa merasa jika tubuh tidak bugar. Sebab, salah mengonsumsi makanan, terutama saat sahur bisa mengganggu jalannya ibadah puasa.

Tak ingin merasa badan lemas dan tidak bugar saat menjalankan ibadah puasa?

Berikut ini 4 tips memilih makan sahur agar tubuh tetap bugar selama berpuasa : 

  1. Gizi seimbang


Anda harus memilih makanan untuk sahur dengan komposisi gizi yang seimbang. Hal tersebut agar kalori harian di dalam tubuh terpenuhi. Santapan sahur yang lengkap dan berenergi dapat memenuhi energi sepanjang hari selama berpuasa.

Dr Jovita Amelia SpGK saat acara Halodoc pada Selasa (30/4/2019) kemarin mengatakan, makanan dengan karbohidrat kompleks dapat melepaskan energi secara perlahan selama berpuasa.

BACA JUGA :  Kecelakaan Maut di Jatim, Moge Tabrak Minibus di Jalur Pantura Probolinggo

Keseimbangan komponen makanan juga bisa membuat kondisi tubuh yang terdiri dari 50-60 persen karbohidrat, 15-20 persen protein, dan 20-25 persen lemak menjadi optimal.

  1. Cukupi kebutuhan cairan dan zat besi

food-tips-iron-deficiency-anaemia-adhd-children

Yang kedua, kamu perlu mencukupi kebutuhan cairan dan zat besi saat sahur. Hal itu dimaksudkan untuk dapat membantu distribusi oksigen agar tetap terjaga selama berpuasa. Hal tersebut juga dapat membuat tubuh terasa lebih bugar, tidak mudah lemas, dan mengantuk.

  1. Hindari gorengan

Selanjutnya, untuk mengurangi rasa haus selama seharian berpuasa, kamu harus menghindari gorengan dan hidangan yang mengandung banyak garam. Naiknya asam lambung dapat dipicu oleh pengosongan lambung akibat makanan yang digoreng. Dan jangan lupa untuk selalu memenuhi kebutuhan cairan sebanyak dua liter per hari.

  1. Hindari makanan manis dari karbohidrat sederhana
BACA JUGA :  Menu Makan Malam dengan Nasi Goreng Jamur yang Lezat dan Bikin Nagih


Terakhir, Jovita menyarankan untuk menghindari mengonsumsi makanan manis yang berasal dari karbohidrat sederhana yang berlebih saat sahur. Hal tersebut dilakukan karena makanan semacam itu akan lebih mudah diserap dan dicerna oleh tubuh dan dapat membuatmu cepat merasa lapar.

Solusi jika kamu ingin mengonsumsi makanan manis adalah pilihlah makanan manis yang berasal dari karbohidrat kompleks seperti sayuran, buah dan umbi-umbian.

Selain empat tips tersebut, hal terpenting lainnya yang tak berhubungan dengan makanan adalah berolahraga.


Anda bisa berolahraga dengan latihan ringan sebelum atau sesudah berbuka puasa dengan durasi pendek dan intensitas lebih rendah. Hal tersebut dapat membantu kebugaran tubuh selama Ramadhan. (Net)

 

 

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================