BOGOR TODAY – Pastinya di bulan Ramadhan ini kita ingin melaksanakan ibadah puasa dengan lancar dan tanpa gangguan yang berarti. Salah satu caranya yakni memerhatikan betul asupan yang dikonsumsi pada saat sahur.

Makanan saat sahur tentunya akan memengaruhi kondisi tubuh seharian. Maka dari itu, saat sahur dianjurkan mengonsumsi makan makanan yang bernutrisi dan kaya akan serat agar merasa kenyang lebih lama.

Nah, agar puasa lancar sebaiknya hindari beberapa makanan ini ya.

1. Makanan berlemak
Siapa yang bisa menolak godaan kulit ayam atau kentang goreng? Makanan itu enak namun berlemak. Sebaiknya saat sahur hindari makanan yang mengandung lemak jenuh. Makanan berlemak bisa menyebabkan masalah pada lambung, yaitu membuat rasa begah.
“Mag atau GERD secara umum harus menghindari makanan yang ketika dia makan akan tinggal lama di lambung dan bikin begah, contohnya makanan yang tinggi lemak. Jadi diusahakan makan makanan yang tidak tinggi lemak,” kata dokter spesialis gizi dr Juwalita Surapsari, MGizi, SpGK.

BACA JUGA :  Wajib Coba, Aktivitas Seru Camping Ground di Harris Sentul Bogor

2. Yang manis-manis
Kalau berbuka disunahkan dengan yang manis, nah kalau saat sahur sebaiknya tidak berlebihan mengonsumsi makanan maupun minuman manis. Karena makanan manis dapat meningkatkan kadar gula darah. Saat gula darah meningkat, maka pankreas akan melepas hormon insulin. Ketika insulin dilepas, glukosa bisa turun lagi sampai di bawah normal. Ketika itu terjadi, akan menyebabkan orang merasa lemas, capek, dan ngantuk.

3. Kandungan garam tinggi
Mengonsumsi makanan asin atau mengandung garam yang cukup tinggi juga tidak disarankan untuk dikonsumsi saat sahur. Makanan mengandung garam dapat meningkatkan risiko dehidrasi karena kemampuan tubuh menyerap cairan pun akan terganggu. Di samping itu, makanan tinggi kandungan garam juga berisiko menyebabkan tekanan darah tinggi atau hipertensi.

BACA JUGA :  Pj Gubernur Jawa Barat Pimpin Upacara Hardiknas di Kota Bogor

4. Makanan pedas
Siapa yang tidak bisa makan kalau tidak pedas? Sebaiknya kebiasaan itu diubah saat sahur. Makanan pedas yang dikonsumsi saat sahur bisa membuat perut menjadi tidak nyaman karena menyebabkan asam lambung meningkat. Selain itu, bisa juga menyebabkan sakit perut, mulas, bahkan diare. Jika sampai menyebabkan diare, tubuh akan mengalami dehidrasi karena kehilangan banyak cairan. Puasa jadi terganggu deh.

5. Yang mengandung kafein
Makanan yang mengandung kafein seperti cokelat atau minuman berkafein seperti kopi dan teh sebaiknya hindari saat sahur ya. Kafein bersifat diuretik yang dapat menyebabkan tubuh kehilangan cairan selama berpuasa. Bukan hanya saat sahur, saat berbuka pun sebaiknya menghindari mengonsumsi makanan atau minuman berkafein. Sebaiknya diganti dengan memenuhi asupan air putih sebanyak 8 gelas per hari selama berpuasa. (net)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================