BOGOR TODAY – Suasana bulan ramadhan tak menyurutkan, civitas akademika madrasah Aliyah negeri (MAN) 2 bogor untuk melaksanakan upacara hari lahir pancasila. Upacara yang digelar pada sabtu (1/6/2019) diikuti oleh ASN di lingkungan MAN 2 Bogor serta beberapa ASN dari unit kerja meliputi KUA Leuwiliang dan KUA Leuwisadeng serta beberapa pengawas dan guru di wilayah Barat Kabupaten Bogor. Upacara sendiri dimulai pukul 07.30 diikuti oleh siswa dan guru-guru dan upacara berlangsung sangat hikmat dipimpin langsung oleh kepala madrasah.

BACA JUGA :  Wajib Coba! Sambal Mangga Cincang yang Segar dan Pedas Nampol

Kepala MAN 2 bogor Nani Ruhyani dalam amanatnya mengatakan Pancasila sebagai dasar Negara, ideologi negara dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para “pendiri bangsa” merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa buat bangsa Indonesia. Walaupun kita sebagai bangsa masih belum secara sempurna berhasil merealisasikan nilai-nilai Pancasila, kita akui bahwa eksistensi keindonesiaan baik sebagai bangsa maupun sebagai Negara masih dapat bertahan hingga kini berkat Pancasila.

BACA JUGA :  Jaro Ade Kantongi 10 Nama Pendamping di Pilkada 2024

“Pancasila sebagai suatu keyakinan dan pendirian yang asasi harus terus diperjuangkan,” kata Nani.

Lebih jauh dia mengatakan, Berkat Pancasila yang berkelindan dengan nilai-nilai inklusivitas, toleransi dan gotong royong keberagaman yang ada menjadi suatu berkah. Berkat Pancasila sebagai bintang penuntun keberagaman yang ada dapat dirajut menjadi identitas nasional dalam wadah dan slogan “Bhinneka Tunggal Ika”.

============================================================
============================================================
============================================================