MALAYSIA TODAY – Pemerintah Malaysia akan mengirimkan nota diplomatik kepada Indonesia, negara tetangganya, terkait kabut asap. Nota diplomatik itu untuk mendorong Indonesia agar mengambil tindakan segera untuk memadamkan kebakaran lahan yang mengirimkan kabut asap ke wilayah Malaysia.

Rencana melayangkan nota diplomatik ke Indonesia itu disampaikan oleh Wakil Menteri Energi, Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Lingkungan dan Perubahan Iklim Malaysia, Isnaraissah Munirah Majilis, Jumat (6/9/2019). Disebutkan Isnaraissah bahwa nota diplomatik itu juga berisi dorongan agar pemerintah Indonesia mengambil langkah pencegahan agar kebakaran lahan tidak kembali terjadi.

BACA JUGA :  Cocok untuk Penderita Diabetes, Ini Dia 7 Cemilan yang Enak, Sehat, dan Aman

“Ini (nota diplomatik) akan dikirimkan secepat mungkin. Kami sedang dalam tahap akhir penyusunan draf,” sebut Isnaraissah.

Isnaraissah menyatakan bahwa kabut asap yang melintasi perbatasan itu menjadi penyebab utama munculnya kabut asap yang menyelimuti wilayah Malaysia beberapa waktu terakhir.

BACA JUGA :  Potato Wedges ala Kafe, Cemilan Renyah dan Gurih yang Bikin Nagih

Lebih lanjut, Isnaraissah menyebut bahwa didasarkan laporan Pusat Meteorologi Khusus ASEAN pada Kamis (5/9/2019) waktu setempat, citra-citra satelit mendeteksi 1.393 titik api di wilayah Indonesia. Jumlah itu terdiri atas 306 titik api di wilayah Sumatra dan 1.087 titik api di wilayah Kalimantan. (net)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================