Barcelona – Barcelona bagai macan ompong di awal Liga Spanyol musim ini. Pasukan Ernesto Valverde sudah takluk dua kali dari enam pertandingan yang tengah dijalani.

Kekalaan pertama terjadi saat meladeni Athletic Bilbao di San Mames. Di sana, Lionel Messi dan kawan-kawan terkapar dengan skor 0-1.

Barcelona kembali dibuat tak berdaya ketika melawat ke Granada. Kali ini, dua gol bersarang di gawang kawalan Marc Andre-Ter Stegen.

Akibat dua kekalahan itu, Barcelona kini tercecer di peringkat ke-6 klasemen sementara. Padahal, biasanya Barcelona sedang bersaing untuk memuncaki klasemen dengan Real Madrid.

Baca Juga :  Pacitan Jawa Timur Diguncang Gempa Bumi Magnitudo 4,4

Start buruk Barcelona di musim ini mengejutkan. Pasalnya, skuat Barcelona tak berubah banyak dibanding musim lalu.

Dikutip dari Liputan6.com, Barcelona malah menambah Antoine Griezmann dan Frenkie De Jong. Dua pemain itu mulanya dianggap bakal mendongkrak kekuatan Barcelona.

Seperti dilansir Sportskeeda, ada tiga hal setidaknya yang disinyalir menjadi penyebab melempemnya Barcelona. Berikut tiga hal itu.

  1. Pertahanan yang buruk

Tersendatnya Barcelona di awal musim diduga disebabkan oleh kurang padunya lini belakang. Gerard Pique, Clement Lenglet, Jordi Alba, dan Nelson Semedo belum dapat menjalin kerjasama yang baik di sektor pertahanan.

Baca Juga :  Polisi Amankan Puluhan Remaja Saat Malam Imlek, 23 Orang Pengguna Narkoba, 1 Pelaku Cabul

Buruknya kerjasama keempat pemain itu terlihat saat Barcelona kalah 0-1 dari Bilbao di laga pembuka musim ini. Sejak saat itu, gawang Barcelona selalu kebobolan di setiap pertandingan.

Akibatnya, Barcelona untuk pertama kali gagal menjaga kesucian gawangnya dalam enam laga di semua kompetisi. Total Barcelona telah kebobolan sembilan kali.