“Kami harap penumpang maklum, karena yang terpenting adalah keselamatan. Kami terus memantau perkembangan udara yang menyampaikannya ke pihak berwenang agar aktivitas penerbangan berjalan lancar,” kata dia.

 

Sementara itu, Kabid Penanganan Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Selatan Ansori berujar, kebakaran lahan masih terjadi di beberapa lokasi terutama di sekitar Palembang dan Ogan Komering Ilir (OKI). Kebakaran di lokasi tersebut yang menyebabkan asap bercampur kabut terkirim angin ke Palembang.

Kabut asap hari ini masih ada, tapi tidak separah kemarin karena kemarin beberapa titik berhasil dipadamkan. Titik api juga berkurang hari ini,” kata Ansori.

BACA JUGA :  Bekal Sekolah dengan Sosis Dadar Nori yang Simple dan Sederhana

Sumber utama karhutla terjadi di OKI yakni kecamatan Cengal, Pangkalan Lampam, Pedamaran, serta Tulung Selapan. Ansori mengungkapkan, kesulitan yang dialami oleh petugas pemadaman di lapangan yakni sulitnya akses menuju lokasi kebakaran dan sedikitnya sumber air karena musim kemarau.

Lahan gambut yang terkadang mencapai kedalaman 20 meter menyebabkan lokasi tersebut sulit dipadamkan. Meskipun api di permukaan sudah habis, gambut di dalam permukaan tanah masih terbakar.

“Api di atas dipadamkan, nanti ada proses pembasahan juga. Namun apabila gambut di dalam masih terbakar, nanti api akan membesar lagi. Itu sulit diatasinya,” ujar dia.

BACA JUGA :  Ibu Menyusui Harus Tahu! Ini Dia Efek Samping Jika Bayi Kurang ASI

Upaya Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) pun belum optimal karena potensi awan hujan yang tidak ada. Meskipun begitu, BMKG memprakirakan terdapat potensi hujan di sebagian wilayah Sumsel pada 17 Oktober mendatang. Pihaknya berharap hujan dapat membasahi lokasi kebakaran.

“Harapannya itu agar lokasi terbakar bisa dibasahi hujan jadi kabut asap ke Palembang pun berkurang,” ujar Ansori. (Net)

Halaman:
« ‹ 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================