JAKARTA TODAY – Ketua Kontingen Indonesia, Harry Warganegara, mengatakan bahwa Komite Olimpiade Indonesia (KOI) telah melakukan pemetaan untuk bisa mematok jumlah medali emas yang bisa diraih di SEA Games 2019. Ia menyebutkan memiliki tim monitoring dan evaluasi serta tim asistensi data.

“Terdiri dari para pakar yang menganalisa termasuk sport intelejen kami lakukan,” kata dia, Kamis (7/11/2019).

Menurut dia, berdasarkan referensi dan hasil kajian telah ditetapkan 54 medali emas yang bisa diraih di SEA Games 2019 Manila. Hasil pemetaan itu sudah tertera nama cabang olahraga, nomor yang diperlombakan serta nama atlet.

BACA JUGA :  Menu Sederhana di Tanggal Tua, Botok Mlandingan yang Lezat Guruh Manis

“Tentu kita berharap tidak terlalu banyak margin error dengan dukungan seluruh pihak bakal mendekati,” kata dia.

Harry menyebutkan bahwa jumlah atlet sebanyak 834 orang yang bakal berangkat ke Filipina. Untuk ofisial rasionya 50 persen dari total atlet. Terdapat jumlah kuota untuk ofisial tambahan.

“Estmasi kontingen 1.341 orang,” kata dia.

Kementerian Pemuda dan Olahraga, kata dia, telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 47 miliar sejak bulan Juni 2019. Harry mengatakan dana dari pemerintah itu hanya bisa untuk memberangkatkan 800 orang atlet saja.

BACA JUGA :  Kesal dengar Tangisan, Bapak Muda Usia 18 Tahun di Empat Lawang Bunuh Bayi Kandung

“Kami sampaikan ke Pak Menpora sejak pertama kali memanggil kita mengajukan permohonan ada revisi anggaran. Berapa pun yang kita terima akan kita pakai untuk memberangkat ofisial yang ada,” kata dia.

Dengan anggaran yang hasil revisi pun, kata Harry hanya bisa memberangkatkan 35 persen dari kuota ofisial ke SEA Games 2019.

“Sisanya kami sampaikan ke induk cabang olahraga yuk sama-sama patungan cari sponsor,” kata dia. (net)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================