MANILA TODAY – Panitia penyelenggara SEA Games 2019 Filipina (Phisgoc) menegaskan banyak berita bohong seputar persiapan pesta olahraga ASEAN ke-30 itu. Ketua Phisgoc Alan Peter Cayetano mengatakan 95 persen berita yang menyebutkan persiapan amburadul adalah tidak benar.

Cayetano seperti dilaporkan ChannelAsia, Jumat (29/11/2019), menyontohkan gambar terkait stadion yang belum selesai itu ternyata diambil di negara lain. Itu belum termasuk soal makanan tidak halal buat atlet muslim yang banyak mengundang perhatian.

BACA JUGA :  Masyarakat Diberikan Pemahaman Epilepsi Oleh RSUD Leuwiliang

Namun, pernyataan Cayetano mendapatkan reaksi dari Persatuan Wartawan Nasional Filipina. Dalam pernyataannya, para jurnalis Filipina mengatakan bahwa apa yang ditampilkan dalam berita mengenai persiapan berdasarkan fakta. “Berusaha mendikte bagaimana media seharusnya melaporkan berita tidak memiliki tempat dalam demokrasi.”

BACA JUGA :  Jadwal Pertandingan Wakil Indonesia di Final Swiss Open 2024

Dalam pekan ini media sosial di Filipina terus dibanjiri laporan para atlet dan tim negara peserta mengalami masalah dengan akomodasi dan makanan. Begitu juga dengan tempat-tempat yang belum selesai atau dibangun bersama-sama dengan cepat.

============================================================
============================================================
============================================================