JAKARTA TODAY – Ibu hamil yang anemia dan malnutrisi berisiko melahirkan bayi dengan berat lahir rendah yaitu kurang dari 2,5 kilogram. Bayi juga rentan terkena penyakit hingga meninggal pada usia dini.

Prof. dr. Endang L. Achadi, MPH, Dr.PH., Guru Besar Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Indonesia mengatakan bahwa malnutrisi dan anemia memiliki kaitan erat terhadap kesehatan ibu dan janin.

“Anemia dapat diturunkan dari ibu ke anak, sehingga meningkatkan risiko morbiditas dan penurunan kecerdasan,” ujar Prof. Endang dalam acara Sun Pitch Competition 2019 yang digelar oleh SUN Business Network Indonesia (SBN Indonesia) dan Innovation Factory di Jakarta, baru-baru ini.

BACA JUGA :  Rio Ditemukan Tak Sadarkan Diri di Cidereum, Diduga Karena Kelelahan

Indonesia, sambungnya, saat ini memang masih menghadapi masalah anemia pada ibu hamil. Masalah di Indonesia saat ini terutama mikronutrien yaitu kekurangan zat besi, vitamin A, dan zinc termasuk juga protein hewani (makronutrien). Anemia pada perempuan memang harus menjadi perhatian. Untuk itu, ada dua cara yang bisa dilakukan untuk mencegah anemia.

Adapun paling mudah adalah mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi tinggi seperti sayuran hijau, daging, dan juga kacang-kacangan. “Zat besi dari produk hewani lebih mudah diserap daripada besi pada sumber nabati. Untuk memudahkan penyerapan zat besi dari produk nabati harus ada gizi mikro yang membantu penyerapan, misalnya vitamin C,” tambah Prof. Endang.

BACA JUGA :  10 Manfaat Sawi Putih Untuk Kesehatan Tubuh

Jika asupan zat besi tidak mencukupi dari makanan, cara lain adalah pemberian suplemen penambah darah serta fortifikasi produk pangan. Senada dengan Prof. Endang, Co-Chair SBN Global Advisory Group dan Koordinator SBN Indonesia Axton Salim menilai, Indonesia memiliki ambisius yang tinggi untuk intervensi nutrisi terkait anemia.

============================================================
============================================================
============================================================