JAKARTA TODAY Konsumsi listrik di wilayah Banten selama libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) diprediksi turun. Saat libur Natal, penggunaan listrik turun 35 persen. Sedangkan saat malam Tahun Baru konsumsi listrik turun 50 persen.

General Manager (GM) PLN Unit Induk Distribusi (UID) Banten Doddy Pangaribuan menjelaskan, berdasarkan data yang dimiliki PLN, konsumsi listrik saat Natal dan Tahun Baru akan turun karena Banten didominasi industri. Pada hari norma, beban puncak konsumsi listrik mencapai 3.708 MW.

BACA JUGA :  Dijamin Bikin Nagih! Ini Dia Resep Kolang Kaling Saus Santan yang Sedap dan Mantap

“Saat libur Natal itu turun 30 persen. Kalau pabriknya tutup atau mengurangi produksi, maka bebannya itu akan turun. Saat Tahun Baru kemungkinan akan turun 50 persen,” kata Doddy, ditemui di Alun-alun Barat Kota Serang, Banten, Beberapa hari lalu.

Hingga kini, belum ada permintaan tambahan daya listrik dari pengelola hotel di wilayah Banten, Tambahan daya itu biasanya untuk menunjang libur Natal dan Tahun Baru. Namun tambahan daya tersebut hanya akan terjadi beberapa hari saja.

BACA JUGA :  Masjid Agung Al Isra Kota Bogor jadi Pusat Ekonomi, Sosial dan Peradaban

Jika ada permintaan, PLN siap menambah daya di setiap hotel maupun home stay untuk menyambut masa libur Nataru.

“Saat hotel meminta (tambahan) daya listrik, untuk hotel yang menjadi tujuan utama, sudah saya perintahkan petugas. Untuk pejabat pemerintah ataupun tamu negara yang berlibur, kita siapkan peralatan dan genset khusus,” jelasnya.

============================================================
============================================================
============================================================