JAKARTA TODAY – Jerawat di telinga dapat terasa lebih sakit, umumnya muncul di bagian daun telinga dan lubang telinga luar.

Tak hanya mengganggu penampilan, jerawat juga bisa mengganggu kenyamanan karena menimbulkan rasa sakit serta gatal.

Itu mengapa jerawat sering kali dianggap sebagai ‘musuh’ oleh sebagian besar orang karena keberadaannya yang mengganggu, termasuk jerawat di telinga.Meski kemunculannya tak sesering jerawat pada wajah ataupun leher, namun keberadaan jerawat di telinga bisa sangat mengganggu dan terasa lebih menyakitkan karena kulit telinga sangat sensitif.

BACA JUGA :  Dijamin Bikin Nagih! Ini Dia Resep Kolang Kaling Saus Santan yang Sedap dan Mantap

Melansir Boldsky, jerawat telinga dapat terjadi karena adanya penumpukan sel kulit mati atau bakteri yang menyumbat pori-pori kulit di telinga. Selain itu, jerawat juga bisa tumbuh di telinga karena sejumlah hal.

Penyebab tersering munculnya jerawat di telinga antara lain sering berbagi earbud dengan orang lain, menggunakan earbud atau headphone yang kotor, terlalu stres, anting yang kotor, menggunakan topi atau helm untuk waktu yang lama, bersentuhan dengan air yang tercemar, atau alergi terhadap produk rambut atau kecantikan.

BACA JUGA :  Ternyata Durian Tak Hanya Enak tapi Banyak Manfaat bagi Kesehatan, Simak Ini

Agar terhindar dari jerawat di telinga, Anda harus lebih memerhatikan kebersihan telinga dan benda yang mungkin sering bersentuhan dengan telinga, seperti earbud, earphone, atau anting. Selain itu, Anda juga perlu menghindari berenang di air yang kotor dan memasukkan benda asing ke telinga.

Jerawat di telinga bisa diatasi sendiri di rumah dengan cara berikut:

============================================================
============================================================
============================================================