detikTravel Community TODAY – Kota Tarakan dikenal sebagai penghasil minyak utama beberapa dekade lalu. Di masa lalu, zaman pra kolonial, kolonial dan jaman orde baru, minyak dan gas merupakan primadona utama kota ini.

Seperti dikutip dari detikTravel, Saat Perang Dunia II, karena daya tarik minyak, Jepang pertama kali mendarat di Indonesia melalui Kota Tarakan. Oleh karena itu Tarakan sering dijuluki Pearl Harbour-nya Indonesia. Di zaman modern ini, hasil minyak tidak lagi andalan.

BACA JUGA :  Kota Bogor Raih 2 Penghargaan Lomba Video Penanggulangan TBC dari Kemenkes

Kota Tarakan berbenah dengan berbagai program kebijakan termasuk bidang pariwisata. Letak geografis yang strategis, Kota Tarakan menjadi kota perdagangan dan jasa utama di provinsi terbaru di Indonesia, Kalimantan Utara sekaligus sebagai kota transit bagi berbagai kabupaten kota di Kalimantan Timur yang akan ke Sabah, Malaysia.

BACA JUGA :  Diduga Punya Masalah Disekolah, Siswa SMK di Gunungsitoli Nekat Gantung Diri

Seperti kota lain di Indonesia, Kota Tarakan terdapat beberapa tempat-tempat menarik yang harus dikunjungi. Destinasi wisatanya antara lain Taman Hutan Mangrove yang terletak di pusat kota hingga museum.(Dena/PKL/net)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================