JAKARTA TODAY Pangeran Harry akhirnya buka suara terkait berbagai kabar yang beredar usai pengumuman pengunduran dirinya dan Meghan Markle sebagai anggota senior keluarga Kerajaan Inggris.

Dalam sebuah pidato kala makan malam dengan pendukungnya di Sentabale, London, Pangeran Harry memberikan pemaparan terkait sebab keputusan itu bisa terjadi.

Pidato ini datang setelah Ratu Elizabeth II mengumumkan pada Sabtu (18/01) waktu setempat bahwa ia sepakat dengan keputusan pengunduran diri Harry dan Meghan. Sebagai konsekuensi keputusan itu, gelar kebangsawanan Harry-Meghan, His/Her Royal Highness, dicabut.

Bukan hanya itu, Ratu juga menjelaskan bahwa Harry-Meghan tak akan lagi mendapatkan pendanaan dari pajak masyarakat Inggris untuk aktivitas pelayanan terhadap kerajaan.

Harry-Meghan juga diwajibkan membayar kembali pajak yang mereka gunakan untuk merenovasi rumah mereka, Frogmore Cottage, sebesar 2,4 juta poundsterling.

Berikut pidato lengkap Pangeran Harry atas keputusan pengunduran dirinya dan Meghan Markle:

BACA JUGA :  384 Piala Penghargaan Kota Bogor Dipajang di Galeri dan Perpustakaan

Sebelum saya memulai, saya harus mengatakan bahwa saya hanya dapat membayangkan apa yang mungkin telah kalian dengar, atau mungkin baca, selama beberapa pekan terakhir. Jadi saya ingin kalian mendengar yang sebenarnya dari saya.

Sebanyak yang bisa saya bagikan, bukan sebagai pangeran atau seorang duke, namun sebagai Harry, orang yang sama yang banyak dari kalian telah saksikan tumbuh selama 35 tahun terakhir, namun kini dengan perspektif yang lebih jelas.

Inggris Raya adalah rumah saya dan tempat yang saya cintai. Itu tak akan pernah berubah. Saya telah tumbuh dengan perasaan didukung banyak dari kalian, dan saya menyaksikan ketika kalian menerima Meghan dengan tangan terbuka, ketika kalian melihat cinta dan kebahagiaan yang saya harapkan untuk sisa hidup saya. Anak kedua Diana akhirnya berjodoh, hore!

Saya juga mengetahui bahwa kalian telah mengetahui cukup baik soal saya selama ini bahwa wanita yang saya pilih sebagai istri saya mesti memiliki nilai-nilai yang sama dengan saya, dan dia [Meghan Markle] memilikinya.

Dan Meghan adalah wanita yang sama yang saya cintai. Kami berdua melakukan semua yang kami bisa lakukan untuk mengibarkan panji dan menjalankan peran kami untuk negara ini dengan bangga.

Ketika Meghan dan saya menikah, kami bersemangat, kami amat berharap dan kami di sini untuk melayani. Atas dasar itu, saya amat merasa sedih sampai pada hal ini. Keputusan yang saya buat untuk istri dan diri saya sendiri untuk mundur bukan baru-baru ini. Ada berbulan-bulan perbincangan setelah bertahun-tahun berbagai tantangan.

============================================================
============================================================
============================================================