JAKARTA TODAY Isu lingkungan telah merambah ke berbagai hal, termasuk brand kecantikan. Kalau Anda seorang pecinta lingkungan, produk kecantikan yang eco-friendly tentu menjadi incaran.

Anda pasti pernah mendengar istilah sustainable beauty. Istilah ini makin sering didengungkan untuk memberi kesadaran kepada masyarakat soal pentingnya memilih produk kecantikan yang aman, tak hanya bagi si pengguna tapi juga bumi tempat kita berpijak. Kalau Anda ingin ikut menjaga lingkungan, beberapa hal perlu diperhatikan kala ingin membeli produk kecantikan.

Pertama, pilihlah produk yang tidak mengandung unsur hewan di dalamnya. Ingredient hewani yang biasa terkandung di dalam produk kecantikan misalnya madu, lilin lebah, gliserin, lanolin, dan lemak.

BACA JUGA :  Gulai Nangka Muda Bumbu Kuning, Menu Makan Lezat dengan Aroma Menggugah Selera

Lalu, pastikan produk kecantikan yang Anda pakai tak pernah diujicobakan pada binatang sebelum di lempar ke pasaran. Untuk memastikannya, perhatikan label kemasan produk. Produk yang memiliki sertifikat dari lembaga pengontrol seperti Leaping Bunny itu lebih eco-friendly karena berarti sang produsen sudah memiliki komitmen untuk menjaga keberlangsungan hidup binatang.

Selain itu, dari sisi packaging juga harus ramah lingkungan. Contoh, tidak menggunakan bahan plastik. Pastikan produk yang Anda beli dibungkus menggunakan kemasan yang lebih ramah lingkungan seperti kertas, kaca, atau apapun yang bisa didaur ulang. Pastikan pula produk kecantikan itu tidak mengandung bahan kimia berbahaya. Produk yang bahan bakunya berasal dari tanaman lebih bagus dan alami.

BACA JUGA :  Baliho di Jalan Raya Sawangan Depok Roboh Diterjang Hujan Deras, Timpa Innova

Berikut beberapa brand kecantikan asal luar negeri yang dikenal eco-friendly.

1. Tata Harper

2. Summer Fridays

============================================================
============================================================
============================================================