JAKARTA TODAY – Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan menyiapkan 135 thermoscanner (pemindai suhu tubuh) di pintu keluar-masuk Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Hal ini untuk mencegah masuknya virus korona yang diketahui bermula dari Kota Wuhan di China.

“(Sebanyak) 135 pintu negara, baik udara, laut, maupun darat, yang jaga petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP). Yang paling awal bisa dideteksi adalah dengan thermoscanner untuk mendeteksi suhu tubuh,” ujar Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes Anung Sugihantono, sebagaimana dikutip dari Setkab.go.id, Kamis (23/1/2020).

BACA JUGA :  Kasus DBD Melonjak, Kota Bogor Siap Lakukan Gerakan Jumantik Lebih Masif

“Kalau ada orang dari luar negeri masuk ke Indonesia dengan suhu tubuh di atas 38 derajat Celsius, maka posturnya terlihat berwarna merah pada thermoscanner,” lanjutnya.

Ia menerangkan, alat pemindai suhu tubuh itu akan difokuskan di bandara seluruh Indonesia, terutama yang mempunyai penerbangan langsung dari China, guna meningkatkan kewaspadaan dengan mengaktifkan thermoscanner serta memberikan health alert card dan KIE kepada penumpang.

============================================================
============================================================
============================================================