JAKARTA TODAY – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menemui Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin dan membahas persoalan stunting. Tito menyebut ada 160 kabupaten di Indonesia yang masuk ‘zona merah’ stunting.

“Beliau ingin, sesuai Bapak Presiden, menggenjot agar bisa diturunkan sampai ke angka 14%. Tadi saya mengusulkan agar duduk bersama dengan K/L (kementerian/lembaga) terkait, ada 16 itu. Kemudian itu ada 160 kabupaten yang dia tertinggi, katakanlah ‘merah’,” kata Tito di kantor Wakil Presiden, Jalan Veteran III, Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (5/2/2020).

Dia mengatakan kondisi beberapa kabupaten ini perlu diperhatikan. Tito pun berencana membuat tim terpadu untuk menangani masalah stunting ini.

BACA JUGA :  Timnas Indonesia Kalah dari Iraq 2-1, Ini Kata Pelatih Shin Tae-yong

“(Sebanyak) 160 (kabupaten) ini harus ‘diserang’ ramai-ramai, istilahnya kita melakukan kegiatan terpadu, konvergensi. Mungkin dibagi dari 160 ini katakanlah mungkin 16 regional, kemudian tiap-tiap regional ini ditangani oleh satu tim. Berarti ada 10 tim terpadu,” ujarnya.

Tito menyebut nantinya tugas tim terpadu ini perlu lebih rinci. Tolok ukur kinerja tim, kata Tito, harus dapat diawasi dengan baik dampaknya.

“Kemudian melibatkan K/L, siapa berbuat apa, siapa ketua timnya, dan kemudian melibatkan pemerintah daerah juga. Setiap tim membuat planning apa yang dikerjakan, target berapa bulan, dan per bulannya di anev (analisis dan evaluasi), evaluasi, sehingga kelihatan siapa yang kerja siapa yang tidak, berapa persen turunnya, efektif atau tidak, begitu,” jelas Tito.

BACA JUGA :  Usai Diguyur Hujan Deras, Jalan Raya Rangkasbitung-Bogor Ambles, Kondisinya Mengkhawatirkan

Mantan Kapolri itu kemudian mengatakan 160 kabupaten tersebut akan menjadi prioritas penanganan karena menyumbang persentase stunting yang cukup besar di Indonesia. Namun,Tito tak menjelaskan kabupaten mana saja yang masuk 160 daerah darurat stunting tersebut.

“Paling penting daerah ‘merah’ itu karena prioritas. Dia menyumbang cukup besar dalam persentase stunting yang relatif masih cukup signifikan,” ungkapnya. (net)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================